Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit, Kodim 0402/OKI Gelar Karya Bhakti Bersihkan Saluran Air

35

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Masih dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Kodam II/Sriwijaya yang ke -78 dan sebagai langkah proaktif menghadapi ancaman banjir dan wabah penyakit, Kodim 0402/OKI menggelar karya bhakti pembersihan saluran air (selokan) yang melibatkan personel Kodim, Polres, Forkopimda, dinas-dinas terkait, ormas, siswa-siswi Pramuka, dan masyarakat setempat, bertempat di Terminal Tipe A Kelurahan Cinta Raja Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu (9/12/2023).

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf. Irsyad Mahdi Pane menjelaskan, bahwa karya bhakti merupakan bagian program Bhakti TNI secara nasional. Tujuannya sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir, serta pencegahan penyakit dari wabah nyamuk akibat genangan air pada musim hujan.

“Kegiatan ini tak hanya fokus pada pencegahan bencana, tetapi juga untuk melestarikan budaya gotong royong dan meningkatkan kesadaran pentingnya kebersihan lingkungan kepada seluruh masyarakat,” tegas Dandim.

Dandim dalam imbauannya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Ia berharap semangat kegiatan akan terus dilaksanakan dan berlanjut untuk menjaga lingkungan bersih, sehat, dan bebas dari bencana banjir dan penyakit.

Aksi bersih-bersih ini disambut positif oleh masyarakat setempat, yang menunjukkan sinergi dalam menjaga kebersihan lingkungan serta mencari solusi untuk kesulitan masyarakat setempat. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda