Aksi Tipu-tipu Ria Gunadi Berujung Dibalik Jeruji Besi

266

LAMPURA-LAMPUNG, BERITAANDA – Akibat aksi tipu-tipunya, Ria Gunadi alias Sunan (36) yang tercatat sebagai warga Dusun II Desa Tanjung Raja Kecamatan Sungkai Barat ini terpaksa diamankan Polisi Sektor Sungkai Selatan, Sabtu (18/1/2020).

Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono S.IK melalui Kapolsek Kompol Arjon Safrie SH menjelaskan bahwa, pada hari pada Kamis (2/1/2020) lalu, pelaku datang ke rumah korban Suyanto bin Surif (42) di rumahnya, Desa Kubu Hitu RT/RW 001/001 Kecamatan Sungkai Barat, untuk menawarkan sewa tanah (lahan untuk tanam) seharga Rp9.200.000 yang berlokasi di Dusun Talang Indah Desa Kubu Hitu Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara.

“Tawaran yang diajukan oleh pelaku akhirnya disetujui korban,” jelas dia.

Sesaat setelah dibajak dan akan menanam bibit singkong, lanjut Kapolsek menceritakan, datang seorang perempuan bernama Sumiati (55) yang menghentikan pekerjaan tersebut.

“Sumiati menjelaskan bahwa lahan itu adalah miliknya, serta merasa tidak pernah menyewakan tanah,” ungkap Kompol Arjon lagi.

Karena merasa ditipu, lantas korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Sungkai Selatan, tertuang pada laporan Polisi Nomor : LP/ 01-G/ 2020/PLD LPG/SPKT Res Lampura 2 Januari 2020.

“Berdasarkan laporan tersebut, anggota kami melakukan penyelidikan. Pada hari Sabtu (18/1/2020) sekira pukul 23.30 Wib, pelaku berhasil kami tangkap di kediamannya di Desa Bumi Ratu Kecamatan Sungkai Selatan Lampung Utara. Saat ini pelaku telah kami amankan di Polsek Sungkai Selatan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelas dia.

“Pelaku dapat dijerat Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan,” tegas Kapolsek. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda