89 Personel Polda Lampung Diterjunkan dalam Operasi Aman Nusa II, Langgar Protokol Kesehatan Sanksi Pushup

39

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Polda Lampung melaksanakan penertiban protokol kesehatan dalam rangka giat Operasi Aman Nusa II penanganan Covid-19 tahap V, Jumat (18/9/2020).

Operasi yang digelar selama 61 hari terhitung mulai tanggal 1 September hingga 30 Oktober 2020 tersebut bertujuan untuk pemulihan ekonomi nasional dan giat pendisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (Inpres 6 Tahun 2020 , Perpres No. 82 Tahun 2020 dan Pergub No. 45 Tahun 2020).

Sebanyak 89 personel Polda Lampung yang terlibat Operasi Aman Nusa II (grup B) langsung mendatangi tempat-tempat keramaian seperti Pasar Way Halim, untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tentang protokol Covid-19, yakni 3M (menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad, SH M.Si mengaku bahwa kegiatan yang dilakukan dengan cara preventif ini guna memantau pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di tempat-tempat berkumpulnya masyarakat, seperti Pasar Way Halim.

“Juga dengan cara represif dengan memberikan teguran kepada masyarakat yang melanggar protokol Covid-19,” kata dia.

Didapati pelanggar sebanyak 7 orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan di tempat keramaian tersebut langsung diberikan sanksi teguran lisan dan pushup. Setelah diberikan sanksi, kemudian petugas memberikan masker agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Diharapkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan saat di luar rumah ataupun di tempat-tempat keramaian, supaya dapat meminimalisir penyebaran Covid-19,” pungkas dia. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda