Pj. Gubernur Samsudin Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Pertama di Asrama Haji Provinsi Lampung

12

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Pj. Gubernur Lampung Samsudin menyambut kedatangan jemaah haji Kloter 3 JKG atau kloter pertama Provinsi Lampung tahun 2024, di Gedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Provinsi Lampung, Ahad (23/6/2024).

“Alhamdulillah selamat datang kembali ke tanah air, setelah ini akan kembali ke rumah masing-masing dan dapat berkumpul kembali dengan sanak keluarga sebentar lagi,” ujar Pj. Gubernur

Ia mengatakan, para jemaah ini merupakan orang-orang yang telah diberikan kesempatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut.

“Bapak ibu adalah yang ditunjuk oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk hadir melaksanakan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur dan bermanfaat pada saat kembali lagi dilingkungan masing-masing,” katanya.

Ia berpesan setelah kedatangan ini diharapkan membawa sikap sebagai al hajj yang baik ditengah-tengah masyarakat.

“Al Hajj yang menjadi contoh tauladan ditengah-tengah masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo mengatakan, jemaah haji Provinsi Lampung Kloter 3 JKG ini merupakan gabungan dari jemaah asal Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Way Kanan.

“Jemaah Provinsi Lampung Kloter 3 JKG yang saat ini tiba di Embarkasi Antara berjumlah 388 orang, terdiri dari 385 dari Kota Bandar Lampung, 2 orang tanazul dari Kabupaten Way Kanan dan 1 orang wafat,” ujar Puji.

Puji menjelaskan, jemaah haji Provinsi Lampung yang berangkat ke tanah suci tahun ini berjumlah 7.135 orang.

“Dan jumlah jemaah tunda ataupun batal berjumlah 25 orang, diantaranya karena sakit sebelum masuk asrama 6 orang, sakit setelah masuk asrama 11 orang, ada yang meninggal sebelum berangkat 4 orang dan lain lainnya 4 orang,” katanya.

Puji menyebutkan untuk periode kepulangan gelombang 1 mulai tanggal tanggal 22 Juni sampai 3 Juli 2024, dan untuk gelombang 2 mulai tanggal tanggal 4 Juli sampai 21 Juli 2024.

“Gelombang 1 sudah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan bersiap siap menunggu jadwal kepulangan, sedangkan jemaah haji gelombang 2 menunggu jadwal keberangkatan menuju Kota Madinah,” katanya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda