Temukan Titik Api di Wilayah Mesuji OKI, Tim Gabungan Langsung Upayakan Pemadaman

127

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Bersama Bhabinsa, Koramil Mesuji dan BKO Yonif 143 menemukan titik api berada di wilayah Desa Pagar Dewa Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), serta langsung melakukan upaya pemadaman, Selasa (17/10/2023) siang.

Komandan koramil 402-9/Mesuji Kapten Inf. Ade webysana mengatakan, betul pihaknya di Pos Karhutla Pagar Dewa Koramil 402-9/Mesuji telah menemukan titik api didekat pemukiman warga, juga telah melakukan upaya pemadaman.

“Hasil pantauan satelit 8 Nspp, hotspot dengan titik -3°48’12,542″ S 105°12’20,212″E 3,79m. Tim yang berangkat ke lokasi, 7 orang personel TNI dibantu 5 orang warga setempat,” kata dia.

Lanjutnya, pihaknya melakukan upaya pemadaman api di lahan sawit rawa, semak belukar dan gambut dengan membawa 1 unit kendaraan truk PT Sampoerna Agro dan 1 kendaraan roda tiga tangki pemadam api Kecamatan Mesuji serta 1 mesin diesel.

“Alhasil, upaya yang dilakukan bersama – sama itu berhasil padamkan api di lahan milik warga desa dengan luas kurang lebih 1 hektare, tinggal meninggalkan asap. Untuk asal api tidak diketahui,” tandas dia.

“Selain upaya tersebut, kita juga melakukan koordinasi dengan kepala desa dan aparat setempat, juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda