Ponpes Muhammadiyah Payaraman Terbakar, Wabup OI: Pemda Akan Bantu Pembangunan Gedung

39
Wabup OI H. Ardani meninjau lokasi kebakaran dari gedung sekolah Muhammadiyah di Serikembang Payaraman, Sabtu (22/6/2024) sore.

OGAN ILIR, BERITAANDA – Sebanyak 6 lokal dari gedung Pondok Pesantren (Ponpes) Muhammadiyah yang berlokasi di Desa Serikembang I Kecamatan Payaraman Ogan Ilir (OI) Sumsel mengalami kebakaran pada Jumat (21/6/2024) malam.

Selain gedung kelas hangus terbakar, akibat kejadian ini berkas yang berada dalam gedung turut ludes dilalap si jago merah.

Adapun Informasi yang dihimpun, kebakaran bermula dari kantin sekolah yang berada berdempetan dengan gedung di sekolah itu. Syukurnya kejadian tidak menimbulkan korban.

Meski demikian, akibat musibah ini kegiatan haflah yang direncanakan akan diselenggarakan pada hari Sabtu (22/6/2024) pagi, batal dilaksanakan.

Sementara pasca kejadian, Wakil Bupati OI Ardani didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sayadi serta Kalaksa BPBD Edi Rahmat dan Kasat Pol PP Kapidin, mengunjungi tempat kejadian guna meninjau dan memberikan dorongan moril.

Dalam wawancara yang dilakukan disela kunjungannya, Wabup OI membeberkan bahwa pemda akan memberikan bantuan berupa pembangunan dua ruang kelas atau lokal untuk kelancaran proses belajar mengajar.

“Sesuai instruksi Bupati Panca Wijaya Akbar, bahwa dianggaran belanja tambahan (ABT), Pemda OI akan memberikan bantuan pembangunan dua kelas atau lokal di lokasi kebakaran ini. Namun tentunya dengan regulasi yang ada. Semoga segera dapat kita realisasikan,” ungkapnya.

Sedangkan mengenai arsip atau berkas sekolah atau siswa, dijelaskan Kadisdikbud OI Sayadi, bahwa pihaknya siap menyediakan fasilitas pergantian atau penerbitan baru.

“Jika ada ijazah atau raport yang turut terbakar, kami dari Dinas Pendidikan akan menyediakan blangko dan keperluan pemberkasan lainnya,” timpal dia.

Tampak sisa puing kebakaran yang terjadi di Ponpes Muhammadiyah Serikembang Payaraman.

Sementara dari pihak Muhammadiyah melalui Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Bidang Majelis Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah, Abu Hanifah menjelaskan, setelah mendengar adanya kejadian itu, pihaknya langsung terjun kelapangan meninjau lokasi kebakaran tersebut.

“Kami secara spontan hadir hari ini memberikan dukungan, baik moril dan materil. Serta melalui jaringan Muhammadiyah dari wilayah Sumsel ataupun nasional, kita melakukan penggalangan dana untuk nantinya akan diperbantukan guna menguatkan keadaan disini. Semoga mereka kuat dan tidak berlarut dalam kesedihan,” pungkasnya. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda