Disporaparbud dan Dinas Pertanian Sergai Akan Wujudkan Kampung Banjar

302

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kepala Dinas (Kadis) Pemuda Olahraga Parawisata dan Kebudayaan (Poraparbud) Sudarno, S.Sos bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan membentuk Kampung Banjar.

Usai sholat Jumat di Masjid Agung Kecamataan Teluk Mengkudu, Jumat (14/2/2020) sore, Sudarno menyebutkan bahwa di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini masyarakatnya memiliki beragam suku.

“Saat saya ke Kalimantan Selatan Banjarmasin bersama dengan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan para OPD di Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 kemarin, tercetus ide untuk membuat Kampung Banjar,” jelas dia.

Sementara Kadis Dinas Pertanian Sergai Radianto Panjis, SP MMA yang sangat menguasai bahasa Banjar yang juga ikut bersama para OPD dan Bupati Sergai saat itu. Sehingga beliau menjadi juru bahasa Banjar pada kunjungan tersebut dan cepat berbaur bersama masyarakat disana.

Radianto Panjis mengatakan, Pemkab Sergai berencana dalam waktu dekat akan membentuk Kampung Banjar yang bekerjasam dengan Dinas Poraparbud.

“Dan jika sudah terbentuk Kampung Banjar di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, direncanakan Gubernur Kalimantan Selatan yang didampingi beberapa bupati/walikota akan hadir di Kabupaten Sergai sebagai kunjungan balasan, sekaligus akan mengukuhkan Kampung Banjar di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” jelas dia.

Radianto juga menyebutkan, suku Banjar di Sergai sangat luar biasa dan telah mengharumkan Sergai di mancaegara dengan produksi beras organik di Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan.

“Kami memohon agar Bupati Sergai membantu pariwisata dalam mewujudkan kampung ini cepat terlaksana,” kata Radianto.

Dinas Poraparbud Sergai selalu memantau perkembangan budaya di setiap kecamatan di Sergai. Sudarno selaku kadis berharap, agar bidang pariwisata dan budaya saling bekerjasama untuk memantau suku Banjar.

“Juga melihat potensi serta kearifan lokal suku Banjar di setiap desa di Kecamatan Perbaungan, supaya segera terwujud Kampung Banjar di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda