44 Peserta Berjuang di Ajang Lomba Balita Indonesia Tingkat Kabupaten Muara Enim

214

MUARA ENIM, BERITAANDA – Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM membuka sekaligus menututup acara lomba balita Indonesia tingkat kabupaten, Selasa (2/7/2019).

Bertempat di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah SH, Kabag Humas dan Protokol, perwakilan Kapolres, perwakilan Dandim 0404 Muara Enim, persatuan GOW, serta pejabat beserta pegawai Dinas Kesehatan.

Diikuti 44 balita yang terdiri dari kelompok balita usia 6 bulan sampai 24 bulan berjumlah 22 balita, kelompok balita usia 24 bulan sampai 59 bulan berjumlah 22 balita.

Bupati Muara Enim mengatakan, tujuan diadakanya acara ini adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas serta produktif, agar tercipta generasi penerus yang tangguh dan handal bagi pembangunan, khususnya di Kabupaten Muara Enim.

Selain itu, Ahmad Yani menjelaskan bahwa masa balita merupakan masa atau fase dalam kehidupan manusia yang memerlukan perhatian khusus, tidak hanya orang tua serta lingkungan, tetapi juga pemerintah harus memiliki kepedulian tinggi terhadap calon penerus bangsa ini.

“Pola asuh yang keliru serta pembekalan pengetahuan dasar yang kurang pada ibu balita akan berdampak pada proses tumbuh kembang anak, sekaligus berdampak pada masa dewasa anak,” kata bupati.

Bahwa akhir-akhir ini, lanjut Yani, kita juga sering mendengar melalui media massa permasalahan gizi pada masyarakat yang disebut stanting atau perawakan pendek, karena gangguan pertumbuhan akibat kekurangan asupan gizi, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan.

“Pada ibu balita yang anaknya menjadi pemenang lomba hari ini hendaknya terus menjaga kondisi kesehatan anaknya, karena pemenang pertama masing-masing kelompok umur akan mewakili Kabupaten Muara Enim pada lomba balita Indonesia tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019,” pungkasnya.(Angga)

Bagaimana Menurut Anda