Yuk Kenalan dengan IWAS, Organisasi Pekerja Media di Bumi Lawangkuwari

130
Kondisi Sekretariat Ikatan Wartawan Sekadau (IWAS) di Km 02 Jl.Merdeka Timur Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat. (IWAS)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Meski berlatar belakang berbagai media dari cetak, televisi, online dan radio, Ikatan Wartawan Sekadau (IWAS) menjadi induk persatuan wartawan di Kabupaten Sekadau.

Saat ini, organisasi yang menaungi pekerja media itu bersekretariat di Km 02 Jl.Merdeka Timur Sekadau Hilir.

Sejak dibentuk tahun 2011 lalu, baru 2 tahun terakhir IWAS memiliki sekretariat. Beberapa kali pula kepengurusan IWAS telah berganti.

Tidak pula megah, tempat berkumpulnya wartawan Sekadau ini hanya menggunakan 1 pintu rumah toko (ruko) yang disewa secara tahunan. Bahkan diusianya yang ke-8 tahun, IWAS masih tetap bertahan dengan kondisi organisasi serba kekurangan fasilitas pendukung.

Sekretariat bersama ini berada tepat di tepi jalur sutra antar Kabupaten Sekadau-Sintang. Dengan letak strategis itu, tidaklah susah mencari Sekretariat IWAS. Sebuah banner besar bertuliskan Ikatan Wartawan Sekadau (IWAS) terpampang jelas di bagian atas ruko.

Sementara kondisi Sekretariat IWAS saat ini tampak seadanya dengan beberapa kelengkapan penunjang kerja wartawan seperti meja, kursi, komputer dan kipas angin tua yang sudah rusak.

Meski terbilang baru, IWAS mendapatkan tempat di hati para pemimpin Kabupaten Sekadau.

Dalam beberapa tahun terakhir, tak jarang IWAS diundang oleh kepala daerah atau instansi untuk duduk satu meja berkomunikasi. Tentunya membicarakan pembangunan di Bumi Lawangkuari, serta hal lainnya terkait kondisi kekinian yang dinilai strategis.

Peran IWAS sebagai organisasi yang mempersatukan wartawan yang ditugakan di Sekadau cukup besar. Pasalanya, dari pemikiran-pemikiran, berita hasil liputan wartawan merupakan produk jurnalistik yang mencerminkan kondisi serta informasi aktual serta update di Sekadau.

IWAS pun memposisikan diri sebagai corong informasi dan menyuarakan aspirasi masyarakat dan penyampaian informasi pembangunan atau lainnya oleh pemerintah daerah.

Dibentuknya IWAS oleh para senior pekerja jurnalistik Sekadau dilatar belakangi kesamaan tujuan dalam profesi. Kala itu, jumlah media di Kabupaten Sekadau masih sangat minim dan didominasi oleh media cetak dan radio.

Seiring perkembangan zaman, kini keanggotaan IWAS dominan oleh wartawan yang bekerja untuk media online. Meski demikian, tak menjadikan keanggoatan IWAS terkotak – kotak oleh latar belakang media.

kemudian, jabatan ketua saat pertama terbentuk dipegang oleh Antonius Sutarjo, namun dikarenakan berpindah tempat tugas, pucuk pimpinan IWAS kala itu di Plh kepada Bagus Kusmonto.

Tahun 2014, mubes-ke 2 IWAS menghasilkan Stefus Renta atau yang lebih dikenal dengan nama Joy sebagai ketua. Sayangnya, Joy yang juga wartawan koran harian Berkat Kalbar Biro Sekadau itu telah dipanggil yang kuasa pada tahun 2018 lalu.

Kini, jabatan Ketua IWAS dipegang Abdu Syukri, wartawan koran harian Rakyat Kalbar. Dia (Abdu Syukri) sebelumnya menjabat sebagai sekretaris dan saat ini sebagai Plh Ketua. (IWAS)

Bagaimana Menurut Anda