Wujudkan Masyarakat Hebat dan Sejahtera dalam Pitu Program

415

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Langkah nyata menuju Lampung Barat (Lambar) hebat dan sejahtera terus dilakukan Bupati Lampung Barat dan Wakil Bupati periode 2017-2022, Parosil Mabsus – Mad Hasnurin.

Program kerja baik yang bersifat pembangunan fisik maupun peningkatan sumberdaya manusia (SDM) dalam mewujudkan masyarakat sejahtera terus ditingkatkan, terlebih janji politik mereka saat mencalonkan diri yang terbingkai dalam Pitu Program Bupati Lampung Barat.

Pertama, peningkatan infrastruktur mantab dengan pembangunan jalan poros penghubung kecamatan dan jalan kabupaten, kemudian pembangunan jembatan, irigasi, listrik dan sarana air bersih. Pitu program selanjutnya tentang penataan Kota Liwa sebagai kota budaya dengan langkah penataan dan pembangunan ruang terbuka seperti alun-alun taman bermain, kemudian pembangunan rumah budaya dan pembangunan sarana serta prasarana perkotaan.

Kemudian, program semua bisa melanjutkan sekolah mengangkat guru honor murni menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak, kemudian seragam gratis bagi siswa-siswi kurang mampu, bantuan bagi siswa berprestasi yang diterima diperguruan tinggi negeri, meningkatkan mutu pendidikan, dan mewujudkan mimpi masyarakat kecil untuk menjadi dokter melalui program beasiswa Lampung Barat berprestasi. Selanjutnya, pelayanan masyarakat sehat dengan peningkatan sarana dan prasanan puskesmas dan rumah sakit daerah, penambahan tenaga medis dam paramedis, perluasan jaminan kesehatan yang tidak masuk PBI JKN.

Pitu program kelima yaitu mensejahterakan petani yang diwujudkan dengan optimalisasi badan usaha milik pekon sebagai penyalur pupuk, menjadi eksportir kopi, dan stabilisasi harga gabah, kemudian bermitra dengan pengumpul dan kelompok tani. Kemudian, peningkatan produktifitas dan mutu hasil pertanian melalui bantuan sarana dan prasarana pertanian, selanjutnya pembelian gabah petani melalui pengembangan lumbung pangan.

Program berikutnya mewujudkan masyarakat berdaya saing dan peningkatan kinerja pelayanan publik dengan upaya pemberdayaan pemuda dan kelompok perempuan melalui rumah produktif dan kreatif untuk menciptakan lapangan kerja, pengembangan desa atau desa wisata, kemudian memfasilitasi perubahan alih status lahan kehutanan yang dikelola oleh masyarakat menjadi hak milik, selanjutnya mempercepat penyelesaian penegasan tapal batas, meningkatkan insentif aparatur pekon, terakhir pelayanan publik yang mudah, cepat, tepat, murah atau gratis, dan transparan.

Pitu program terakhir yaitu peningkatan iman dan taqwa dengan cara bantuan bedah rumah bagi rumah tidak layak huni, selanjutnya umroh dan meningkatkan insentif bagi guru ngaji, imam masjid, marbot, aparatur dan masyarakat berprestasi, terakhir meningkatkan nilai serta jumlah penerima bantuan rumah ibadah dan pondok pesantren atau lembaga pendidikan keagamaan lainnya.

Pitu program yang menjadi tolak ukur kepemimpinan Parosil dan Mad Hasnurin dalam kepemimpinan mereka ini terus diwujudkan dengan sinergi yang baik antar OPD di Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan tepat sasaran untuk masyarakat. Harapannya masyarakat terus mendukung demi kesejahteraan bersama, terlebih untuk masyarakat Lampung Barat. (Katrine/ADV)

Bagaimana Menurut Anda