Waspadai DBD dan Penyakit Lainnya, Dinkes Kerinci Lakukan Berbagai Langkah Antisipasi

29
Hermizan selaku Kepala Bidang P2P Dinkes Kerinci (kiri). Petugas Dinkes Kerinci saat memantau jentik nyamuk di salah satu rumah warga (kanan).

KERINCI, BERITAANDA – Pasca hujan deras yang melanda Provinsi Jambi belakangan ini, membuat sejumlah daerah terdampak banjir, salah satunya terjadi di Kabupaten Kerinci. Hal ini membuat sebagian masyarakat mulai terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD) dan penyakit lainnya.

Menyikapi penyakit DBD, sampai dengan saat ini merupakan masalah kesehatan yang serius untuk ditangani, terutama pada saat pasca bencana alam maupun saat musim hujan.

Untuk itulah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kerinci bersama jajarannya di Puskesmas mengambil langkah-langkah dalam menghadapi ancaman penyakit pasca bencana banjir tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Hermizan kepada media ini menjelaskan, adapun langkah yang gencar dilakukan pada saat ini adalah sesuai dengan surat edaran terlampir.

“Ya, kami terus berupaya untuk melakukan dan mengantisipasi penyakit DBD agar kasus ini tidak meningkat,” sebut Hermizan.

Hermizan menambahkan, pihaknya juga selalu mengingatkan kepada jajaran melalui Puskesmas setempat agar lebih aktif meningkatkan pemantauan jentik berkala.

“Kami mengimbau kepada warga agar untuk menutup rapat-rapat tempat penampungan air,” sebutnya.

Dikatakan dia, masyarakat harus berperan aktif dengan berbagai langkah yang dilakukan untuk dapat meminimalisir kasus DBD di Kabupaten Kerinci.

“Hal ini tentu perlu dukungan dari masyarakat dengan perilaku hidup bersih serta menjaga kebersihan lingkungan, jangan lupa lapor jika ada anggota keluarga yang terkena DBD ke Puskesmas terdekat,” tutupnya. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda