Warga Penikmat Kopi Manggar Antri Donorkan Darahnya

0

MANGGAR-BELTIM, BERITAANDA – Darah adalah komponen penting pada organisme hewan, khususnya manusia. Darah berfungsi sebagai pengangkut oksigen untuk digunakan dalam respirasi seluler, sebagai mekanisme sistem imun tubuh, dan sebagai pengatur metabolisme tubuh. Komponen darah terdiri dari plasma, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Masing-masing komponen ini mempunyai fungsi yang bervariasi dalam metabolisme tubuh.

Dengan pengertian di atas, mendorong pihak UPTD RSUD Belitung Timur untuk mengajak para penikmat kopi yang berada di tengah Kota Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) agar mendonorkan darahnya, Minggu (12/8/2018).

Seperti yang dikatakan Kepala UPTD RSUD Beltim dr Helly Tjandra, pelaksanaan donor darah yang dilakukan di warung kopi seperti ini, merupakan pertama kali ia lakukan. Namun diluar dugaan, hasil donor darah yang ia peroleh dari penikmat kopi cukup memuaskan.

“Ya, saya sangat puas dengan pelaksanaan donor darah hari ini. Darah yang kita peroleh cukup banyak. Diluar dugaan, antusias masyarakat dari warga penikmat kopi sangat bagus,” jelas dia.

Dengan membawa sebuah unit mobil PMI tranfusi darah yang di parkir di depan Warung Kopi Putri Salju, lanjut dia, awalnya ia bersama tim kurang begitu yakin.

“Ternyata sekali lagi diluar dugaan. Saya cuma targetkan 5 (lima) kantong darah saja, eh rupanya warga ngantri ikut mendonorkan darahnya, hingga kita peroleh belasan kantong darah dalam waktu satu jam setengah. Nanti kita teruskan hal semacam ini,” jelas Helly lagi.

Dokter senior asli Beltim ini kembali menjelaskan, dalam kurun waktu satu bulan saja, kami sangat membutuhkan ratusan kantong darah.

“Kita di Beltim sangat banyak butuh darah. Dalam satu bulan saja, RSUD Beltim butuh ratusan kantong darah untuk pasien kita. Jadi, kita dari unit tranfusi terus berupaya dengan berbagai cara, seperti kita kerja sama dengan desa-desa, dan juga kita nanti adakan ditempat keramaian orang seperti ditempat pariwisata,” tegasnya.

Yuliardi, salah seorang penikmat kopi Manggar ini, menyambut baik terkait kedatangan pihak RSUD Belitung Timur. Ia berharap untuk secara rutin dilakukan di warung kopi dan menganjurkan agar dibuat sebuah komunitas

“Sangat bagus ini dilakukan, dan perlu diteruskan. Jika perlu dibuat sebuah komunitas pendonor darah agar memudahkan kita untuk mendonor atau jika ada orang yang butuh darah tertentu,” kata Yuli. (Helmi MF)

Bagaimana Menurut Anda