Warakawuri Polri Terharu Terima Kunci Rumah Layak Huni dari Kapolresta Bandar Lampung

4

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Rusliya (72) tak bisa menahan haru dan rasa bahagianya, saat Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Abdul Waras SIK didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kota Bandar Lampung Ny. Neeva Abdul Waras menyerahkan kunci rumah layak huni kepadanya, Selasa (25/6/2024).

Rusliya merupakan warakawuri atau istri purnawirawan Polri yang suami sudah meninggal dunia. Suaminya, yaitu almarhum Aiptu (Purn) Bungaran Ritonga, terakhir bertugas sebagai anggota Polsek Teluk Betung Selatan dan purna bakti di tahun 1991.

Di tahun 2008, Aiptu (Purn) Bungaran Ritonga meninggal dunia, dengan meninggalkan seorang istri, Rusliya, dan satu orang anak.

Selama ini, Rusliya bersama anak dan menantunya, menempati rumah sederhana beratapkan seng, berlantaikan semen kasar, yang berdiri diatas lahan seluas 7×12 meter persegi di Kampung Jaya RT 3, Kelurahan Karang Maritim, Panjang, Bandar Lampung.

Penyerahan kunci rumah oleh Kapolresta Bandar lampung kepada warakawuri ini ditandai dengan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat sekitar, dilanjutkan dengan pemotongan pita yang disaksikan oleh sejumlah unsur Muspika Panjang dan masyarakat sekitar.

Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Abdul Waras mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78.

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat, dan kebetulan juga Ibu Rusliya ini merupakan seorang warakawuri Polri, dimana sebelumnya saat kami survey kondisi rumahnya sangat memprihatinkan, sehingga kita pilih rumah beliau untuk direnovasi,” kata Kapolresta Bandar Lampung Kombes Abdul Waras, Selasa (25/6/2024).

Dari data yang dihimpun, sejumlah perbaikan dilakukan, seperti penggantian atap rumah, pemasangan keramik bagian dalam sampai teras rumah, penggantian pintu kamar mandi, pemasangan plafon, perbaikan tembok rumah dan pengecatan.

Tak hanya itu, Polresta Bandar Lampung juga memberikan spring bed dan lemari pakaian kepada Ibu Rusliya.

Bedah rumah sendiri dimulai pada Sabtu (15/6/2024), dimana sejumlah personel Polresta Bandar Lampung bersama warga bahu membahu mengeluarkan barang, dan dilanjutkan dengan proses renovasi.

Rusliya dan keluarga berterima kasih atas kepedulian Kapolresta Bandar Lampung dan jajaran yang sudah memperbaiki kediaman tinggalnya menjadi rumah yang lebih layak huni.

Rusliya sendiri tidak menyangka kalau rumahnya akan direnovasi. Sebab, ia sendiri sudah lama ingin memperbaiki rumahnya namun terkendala biaya.

“Kami ucapkan terima kasih banyak atas bantuan renovasi rumah yang diberikan Bapak Kapolresta Bandar Lampung, saya tidak bisa berkata kata lagi,” ujarnya.

Kapolresta Bandar Lampung juga ingin agar tali silaturahmi Polresta Bandar Lampung dengan para purnawirawan dan warakawuri Polresta Bandar Lampung terus terjalin. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda