Wabup Nias Buka Secara Resmi Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

94

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Bupati (Wabup) Nias Arosokhi Waruwu, SH MH membuka secara resmi sosialisasi wawasan kebangsaan kepada para siswa/i SMA/K di Kabupaten Nias, bertempat di ruang ovall lantai 3 kantor Bupati Nias, Rabu (19/9/2018).

“Pendiri negara menyadari bahwa keberadaan masyarakat majemuk merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus diakui, diterima, dihormati dan dijaga. Melalui wawasan kebangsaan ini penting bagi kita, karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu, dan berdaya saing serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap tanah air,” ucap Arosokhi.

Jelasnya lagi, adapun tujuan diselenggarakan sosialisasi ini yakni untuk memberikan pemahaman kepada seluruh siswa/i SMA/SMK, bahwa NKRI memiliki ciri khas kebhinnekaan ras, suku, budaya dan agama.

“Dan kita bertekad untuk menjadi satu bangsa, satu tanah air dengan satu bahasa Indonesia. Menguatkan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan yang menunjukkan di mata dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang bermartabat. Kemudian untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta tetap tegaknya kedaulatan NKRI, dan menyegarkan kembali pemahaman terhadap empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, serta melestarikan nilai-nilai sosial budaya,” terang dia panjang lebar.

“Dengan melalui sosialisasi ini dapat tumbuh suburnya nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain serta mengembangkan sikap toleransi,” ungkapnya. (Ganda-Nias)

Bagaimana Menurut Anda