Video: Bidar Kenceran, Meriahkan HUT RI ke-74 di Tanjungraja

93

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Gelaran Lomba Perahu Bidar 11 Pendayung atau di daerah ini biasa disebut Kenceran, diikuti oleh 31 tim dari berbagai wilayah di Kabupaten Ogan Ilir, Senin (19/8/2019) kemarin, tampak makin semarak.

Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Bupati Ogan Ilir (OI) Ilyas Panji Alam didampingi pejabat – pejabat di Pemkab Ogan Ilir lainnya.

Perlombaan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 itu pun ternyata mengundang begitu banyak animo masyarakat, sehingga warga tampak memadati kawasan Pantai Jodoh yang terletak di pinggiran Sungai Ogan Kota Tanjungraja, guna menyaksikan dari dekat perlombaan perahu bidar yang jadi momen tahunan ini.

Dikatakan Bupati Ogan Ilir, kegiatan itu merupakan agenda rutin yang tiap tahun digelar, guna menyemarakkan peringataan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus. Adapun peserta lomba berasal dari berbagai wilayah di Ogan ilir, dan juga perwakilan dari beberapa instansi – instansi pemerintahan yang ada di ruang lingkup pemkab setempat.

Kedepan, menurutnya, perlombaan Kenceran ini akan dikelola sedemikian rupa. Nantinya akan ada alokasi ekstra yang dianggarka dari dana kabupaten. Sehingga selain melestarikan lomba bidar yang sudah diwariskan turun temurun dari nenek moyang itu, diharapkan juga menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang ke daerah ini, dan khususnya menjadi hiburan warga sekitar.

Sementara peserta utusan dari salah satu dinas di Ogan Ilir, nampak bersemangat. Dia menargetkan di perlombaan ini menjadi juara pertama.

Sedangkan warga bernama Meli mengaku terhibur dengan adanya perlombaan bidar Kenceran ini. Ia pun berharap kegiatan perlombaan makin ditingkatkan serta tambah semarak lagi.

Dalam perlombaan ini sendiri berlangsung selama satu hari. Dan bagi peserta yang beruntung  memenangkan lomba akan ada hadiah menarik hingga jutaan rupiah serta tropi bergilir. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda