Veteran Perang Asal Beltim Tutup Usia

0

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Sebagai penghormatan terakhir kepada para pejuang kemerdekaan NKRI, khususnya bagi Almarhum M. Saleh Bin Hasan yang wafat pada usia 94 tahun, dilaksanakan dengan cara upacara militer di pemakaman Pahlawan Belitung Timur (Beltim), Jumat (21/9/2018).

Dandim Belitung Letkol Infantri Indra Padang S.Sos melalui Danramil 0414 Manggar Mayor Infantri Tri Joyo selaku inspektur upacara (irup) mengatakan, upacara prosesi pemakaman secara militer ini merupakan ketentuan secara aturan dan kewajiaban bagi kami sebagai militer.

“Kami atas nama TNI mempersembahkan kepada ibu pertiwi, jiwa raga dan jasa almarhum M. Saleh Bin Hasan selaku veteran perang. Upacara militer ini sebagai penghormatan terakhir kepada beliau semasa hidupnya,” tutur Danramil Tri Joyo kepada wartawan.

“Beliau memang pejuang yang sangat luar biasa, yang banyak tanda jasanya. Kita sangat kehilangan. Beliau memang seorang tokoh di Belitung Timur ini. Saya bersyukur, berterima kasih kepada masyarakat yang antusias, walaupun prosesi pemakaman secara militer ini cukup rumit, perlu menunggu waktu namun tertib, aman, dan lancar,” jelas dia.

Arita yang merupakan cucu dari almarhum mengatakan, kek Saleh adalah sosok yang bersemangat, tegas, dan selalu memberi nasehat. Dengan usianya yang sudah renta, beliau masih ingin mengendari sepeda motor sendiri.

“Kek Saleh ini orangnya pekerja keras, tegas, selalu memberikan nasehat, bercerita tentang semasa perjuangannya. Beliau juga orang periang,” ujarnya.

Dalam upacara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah anggota TNI, Bupati Belitung Timur, Wabup Beltim, Polres Beltim, Ketua Veteran Sepulau Belitung, persit, tokoh masyarakat serta warga. (Helmi M Fadhil)

Bagaimana Menurut Anda