Unik, Tidur 30 Menit Bikin Semangat Kembali Bangkit

0

Oleh: Dewi Saputri Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Jurusan PGMI Semester 3

BERITAANDA – Disini saya akan berbagi pengalaman bersama teman-teman saya saat observasi di salah suatu sekolah dasar, tepatnya di SDIT IZZUDIN Kota Palembang.

Di hari pertama saat kami diizinkan untuk observasi disana, memang sudah nampak, sekolah ini ada yang berbeda dari sekolah dasar lainnya.

Saat kami memasuki kelas, tepatnya pada pukul 13.00 Wib, disana saya bersama teman-teman sedikit bingung. Hal ini disebabkan, semua kelas nampak sepi dan gelap.

Kami pun melihat seorang ibu yang sedang duduk di kelas lll, dan langsung berkenalan dengan ibu tersebut sembari bertanya, ‘bu, kenapa ya dari tadi kami melewati kelas-kelas nampak sepi dan gelap?’ ujar saya.

Ibu yang bernama Dhea itu pun menjawab, ‘oh, kalo jam segini emang kaya gitu, jadi setiap kami ishoma (istirahat, sholat dan makan), murid-murid kami wajib tidur 30 menit sebelum proses pembelajaran, dilanjutkan agar nanti setelah bangun semangat mereka untuk belajar kembali lagi. Dan jika ada yang tidak tidur, maka akan dihukum menulis surah pendek pilihan dan berserta artinya,’ kata ibu Dhea.

Mendengar jawaban dari ibu Dhea tersebut, saya dan teman-teman merasa kagum. Karena SDIT IZZUDIN ini beda dengan sekolah lainnya.

Dapat kita ketahui bahwa tidur sebelum belajar itu mempengaruhi metabolisme tubuh dan merangsang daya asimilasi/serap. Tidur yang cukup dan berkualitas pastinya akan membantu kita memiliki energi serta gairah dalam menjalani aktivitas sehari-hari, termaksuk belajar.

Selain memberi waktu istirahat bagi tubuh dan pikiran, ternyata tidur dapat membangkitkan memori.

Itulah cerita singkat saya mengenai keunikan yang mungkin jarang kita temui di sekolah lainnya, dan ini bisa kita contoh dan praktekkan juga, karena manfaatnya sangat berguna sekali. (*)

Bagaimana Menurut Anda