UNDIP Gelar Lustrum 4 Pilar MPR RI dengan Wayang Kulit

0

SEMARANG, BERITAANDA – Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang mengadakan sosialisasi gambar dengan tema ‘Sosialisasi 4 Pilar MPR RI’ yang diadakan di Taman Fakultas Hukum, Jalan Prof. Soedarto SH Tembalang, Sabtu (13/5/2017) sekitar pukul 21.00 WIB.

Mahendra Infitra Purnama, mahasiswa Hukum UNDIP ini menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan lustrum 5 tahunan.

“Lustrum adalah diesnatalis tapi lima tahunan yang diperingati 5 tahunan sekali, seperti itu,” jelasnya saat ditemui BERITAANDA.

Dalam acara lustrum melalui pergelaran wayang, Mahendra menunjukkan bahwa Fakultas Hukum UNDIP ikut serta dalam menjaga budaya adat Jawa.

“Fakultas Hukum sendiri memang masih menjaga budaya adat Jawa. Empat pilar ini disosialisasikan dalam bentuk cerita wayang,” ungkapnya.

Perwakilan MPR RI, Insinyur Abdul Kadir Karding menjelaskan bahwa sosialisasi 4 Pilar MPR RI merupakan tugas MPR yang tertulis dalam undang-undang.

“Jadi acara ini merupakan upaya kita, sekaligus tanggung jawab kita sebagai anggota MPR, karena dalam undang-undang pun disebutkan bahwa salah satu tugas anggota MPR adalah mensosialisasikan empat pilar MPR,” jelasnya.

Selain itu, ia mejelaskan bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk mengingatkan masyarakat yang mulai menghilangkan tradisi dan kebudayaan Indonesia.

“Ini dianggap penting karena kondisi masyarakat hari ini. Masyarakat hari ini, Nun Sewu, itu masyarakat yang mulai tergerus dari akar tradisi dan budayanya,” ungkap dia.

Abdul Kadir mengungkapkan, dalam kehidupan perkotaan sudah banyak yang tidak mengenal teman ataupun tetangga, walaupun hidup berdekatan.

“Kalau di kota-kota itu, sesama teman, sesama tetangga kita tidak saling kenal, penguat yang disebut hidup sendiri-sendiri atau individual,” jelasnya.

Selanjutnya sekitar pukul 22.10 WIB, dilanjutkan dengan penyerahan wayang kulit ‘Kresno’ oleh Abdul Kadir kepada Ki Dalang MPP Bayu Aji. (Dino)

Bagaimana Menurut Anda