Tuti Kini Bisa Tempati Rumah Baru Berkat Komunitas Seberkah

134

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Tuti, warga Desa Anyar Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan ini kini bisa menempati rumah barunya, yang dibangun secara gotong-royong oleh komunitas Seberkah.

“Alhamdulillah tadi, Jumat (8/2/2019) telah diserahkan kepada Ibu Tuti, sehingga bangunan tersebut telah dapat ditempati dan tinggal difasilitas WC umum,” ujar Ketua Komunitas Seberkah, Deddy Kesuma.

Ditambahkan Deddy, rumah baru yang ditempati Ibu Tuti kini resmi diserahkan Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP, MSi, bersama Ketua Baznas OKI.

Dijelaskan Deddy, program Seberkah ini sudah berdiri sejak 2017 yang digagas oleh Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan. Sedangkan anggota komunitas ini berisikan anak muda yang memiliki dedikasi tinggi dan semangat sosial yang luhur.

“Jadi, mereka mencari rumah tangga sasaran (RTS) untuk dijadikan target sasaran penerima sedekah atau bantuan pugar rumah, lalu didapatlah Ibu Tuti yang merupakan sasaran ketiga dari program Seberkah,” terang Deddy.

Diceritakannya, bermula saat komunitas Seberkah berkunjung ke Desa Anyar, karena memenuhi sasaran. Lalu komunitas Seberkah menyusun rancangan anggaran biaya (RAB) untuk pembangunan rumah yang lahannya milik Ibu Tuti. Kemudian didapatlah dana dari para donatur, salah satunya dari keluarga almarhum Bapak Subrata, Baznas Rp15 juta dan lain-lain Rp8 juta.

Pembangunan rumah itu, saat ini menelan biaya Rp21 jutaan dan sisanya akan disasarkan ke RTS lainnya yang belum memiliki rumah dengan kriteria yang ditentukan oleh komunitas Seberkah melalui rapat penentuan bersama Camat Kota Kayuagung, sehingga bantuan akan tepat sasaran.

“Selain mendapat bantuan pembangunan rumah, rencananya Ibu Tuti akan diberi pula bantuan dalam bentuk modal usaha,” papar Deddy.

Diberitahukan Deddy, pembangunan rumah Ibu Tuti saat itu dilakukan secara gotong-royong oleh masyarakat yang berprofesi sebagai buruh bangunan dari Desa Anyar sendiri, dan mereka tidak diberikan upah, sehingga semangat kegotong-royongan bisa tumbuh.

Sementara itu, Tuti mengucapkan terimakasih karena telah dibangunkan rumah yang layak oleh komunitas Seberkah, Baznas dan para donatur.

Camat Kayuagung Dedy Kurniawan, S.STP, M.Si, ketika dihubungi melalui handphonenya berharap dengan adanya komunitas Seberkah ini dapat meningkatkan gerakan semangat bersedekah dan bergotong-royong, sehingga para pemuda yang ada di OKI bisa bergerak dengan konsep sosial.

“Saya sangat berharap dengan adanya komunitas ini, dapat meningkatkan semangat gotong-royong dan bersedekah, dengan konsep sosial,” harap Dedy. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda