TP PKK Desa Riding Gerakkan Warganya Lakukan Pembuatan Kebun Toga

182

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dengan tagline Riding bersih, kini lebih baik dan desa edukatif. Tim Penggerak (TP) PKK Desa Riding diketuai oleh Hj Imas Maslihah, S.Pd menggerakkan warganya melakukan pembuatan Kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga).

“Kemarin kegiatan pembinaan kebun Toga dapat terlaksana dengan baik. Terik panas matahari tidak menyurutkan semangat ibu-ibu PKK Desa Riding untuk memberikan binaan serta menggali informasi tentang sumber tanaman didapat,” kata Hj Imas Maslihah, Selasa (9/4/2019).

Melihat antusias warga dalam pengadaan, penataan kebun Toga serta penyambutan pada tim pembina membuat kami merasa bangga dan senang. Masih katanya, dan rata – rata warga sudah banyak mengenal nama dan manfaat tanaman Toga.

“Toga diperoleh dari rumah warganya yang secara swadaya dikumpulkan dan ditanam di pekarangan rumah Ketua RT atau rumah warga yang ditunjuk sebagai perwakilan pengadaan kebun Toga di wilayah masing – masing,” ungkap istri dari Kepala Desa Riding Samson Bunyamin ini.

Pembinaan ini diharapkan agar warga lebih mengenal nama tanaman serta manfaatnya bagi kesehatan. Lanjutnya, sehingga disaat keluarganya ada yang sakit misal demam, sakit perut dan lain-lain, maka mereka dapat memanfaatkan tanaman Toga sebagai pertolongan pertamanya.

“Pembinaan ini akan terus berlanjut sampai lomba 17 Agustus nanti. Kriteria penilaian kebun Toga, yaitu setiap Toga harus ada papan namanya, jumlah tanaman Toga minimal 16 macam, setiap tanaman harus diberikan nama serta manfaatnya, inovasi dalam penataan dan penggunaan wadah, keindahan serta kebersihan kebun Toga,” tandasnya.

Tambahnya, Insya Allah pembinaan tidak berhenti sampai lomba saja, nantinya pembinaan pun akan dilanjutkan pada lomba pemanfaatan Toga, sehingga apa yang kami lakukan ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Riding serta mempererat kerukunan warga. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda