Tingkatkan Peran FKUB, Kesbangpol Sekadau Adakan Rakor Bersama

0

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sekadau, Rabu (16/5/2018), menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di Gedung Ketak-Ketik. Dibuka oleh Bupati Sekadau Rupinus SH.M.Si.

Bupati menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Sekadau, ia mengapresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. “Dengan harapan dapat memberikan manfaat yang berguna untuk memantapkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri, dan berdaya saing,” papar bupati.

Kegiatan tersebut, kata dia, juga berguna untuk pembinaan mental sebagai wujud nyata sinkronisasi program nasional revolusi mental, sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016 yang dikhususkan untuk memperbaiki serta membangun karakter bangsa.

Dijelaskan bupati lagi, sehubungan dengan pemerintah daerah melalui Badan Kesatuan Kabupaten Sekadau dalam program pengembangan politik kebangsaan, kegiatan peningkatan toleransi kerukunan dalam kehidupan beragama atau yang lebih dikenal dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pada hakekatnya adalah implementasi peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 9 Dan 8 Tahun 2006.

“Ada tiga lingkungan strategis yang saling terkait dan perlu dicermati yaitu, landasan hukum bagi pemeliharaan kerukunan umat beragama. Kebijakan pemerintah dan sejumlah masalah dalam implementasinya dan dukungan sistem masyarakat serta partisipasinya,” terang bupati.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sekadau Zad Manggung S.Sos M.Si menjelaskan, maksud kegiatan ini untuk membangun dan menjalin kemitraan hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah dan FKUB, guna menciptakan kesepahaman dan menyamakan persepsi dalam rangka memperkuat toleransi dan kerukunan umat beragama. Serta memperkuat kemitraan pemerintah daerah dalam penanganan persoalan keagamaan di daerah dan pemberdayaan FKUB.

Lalu, meneguhkan kemitraan kebangsaan para tokoh agama dalam melaksanakan etika kehidupan beragama serta meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 dan pemiliu tahun 2019 yang aman, lancar, dan kondusif.

“Tujuannya untuk meningkatkan peran dan fungsi FKUB provinsi dan kabupaten/kota dalam menjaga harmoni kebangsaan dalam kerangka NKRI,” terang Manggung.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan kegiatan deklarasi penyataan sikap FKUB dan Forkompinda untuk melawan radikalisme dan terorisme di Kabupaten Sekadau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalbar, Hatta S.Pd MM, Wakil Ketua FKUB Kalbar Drs. Ignatius Liyong, Kakan Kemenag Sekadau Dorohman S.Ag, Kapolres Sekadau AKBP.Anggon Salazar Tarmizi S.Ik, Ketua FKUB Sekadau Paulus Lion BA, dan anggota FKUB Kabupaten Sekadau serta perwakilan 7 kecamatan. (TIM)

Bagaimana Menurut Anda