Timwas AD Kawal Persiapan Pemilu 2024

73

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Kodim 0402/OKI menggelar apel kesiapsiagaan pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024.

Apel kesiapsiagaan pasukan ini dipimpin langsung oleh Brigjen TNI Erdi Jammy Lumintang di lapangan Makodim 0402/OKI, Kamis (21/12/2023).

Dalam amanatnya, Brigjen TNI Erdi Jammy Lumintang mengatakan, hari ini ia diperintahkan untuk mengecek personel-personel yang mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

“Harapan dari pimpinan, terkhusus Angkatan Darat (AD) agar pelaksanaan Pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sukses. Untuk mencapai itu perlu adanya orang-orang yang bertugas untuk mengawasi untuk pengamanannya untuk hal seperti itu,” kata dia.

Brigjen TNI Erdi juga mengatakan, supaya terjalin sinergitas untuk melaksanakan secara bersama-sama, setiap personel yang mengawasi pelaksanaan dan pengawasan Pemilu 2024 itu harus ada kolaborasi yang baik dengan pihak yang terkait.

“Unsur-unsur yang terlibat, khususnya TNI-Polri ataupun ASN, karena itu perintah langsung dari bapak Kasad, tidak boleh ada yang berpihak, sebab netralitas itu harus menjadi harga mati,” jelas dia.

Brigjen TNI Erdi juga meminta jika ada anggota yang terlibat dan ketahuan tidak bersikap netral pada saat pelaksanaan Pemilu, maka sanksinya jelas. Mau siapapun itu, baik dari unsur TNI-Polri ataupun ASN sekalipun.

“Saya meminta kepada pihak Bawaslu ketika ada isu atau indikasi bahwa ada anggota TNI, Polri atau  ASN yang melaksanakan kegiatan bersifat politik untuk segera dikoordinasikan agar tidak berlanjut dan segera ditindak tegas,” tegasnya.

“Satu catatan saya karena di Sumatera Selatan ini relatif aman, mudah-mudahan pelaksanaan Pemilu yang akan datang dapat terlaksana dengan kondusif,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda