Tim Dokter RS Bhayangkara Polda Sumsel Beri Layanan Kesehatan Ratusan Penyandang Disabilitas

9

PALEMBANG, BERITAANDA – Sempena Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang akan jatuh pada 1 Juli nanti, Polda Sumsel menggelar aksi sosial berupa bakti kesehatan bagi penyandang disabilitas di Yayasan Sentra Budi Perkasa Palembang, Jumat (14/6/2024).

Tidak hanya memberikan pelayanan pengobatan umum, pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol saja, namun juga memberikan bantuan kepada disabilitas berupa pemberian kursi roda, alat bantu berjalan, kruk, bantuan sembako serta pemberian bantuan dana kepada yayasan yang dikelola Bapak Gini Toponindro S.Pd.

Kapolda Sumsel Irjen A. Rachmad Wibowo melalui Kepala Biro Perencanaan Kombes Toto Wibowo mengatakan, kegiatan bakti sosial mengunjungi dan memberikan bantuan kesehatan kepada disabilitas, dilaksanakan dalam rangka membangun kepedulian terhadap sesama, terutama kepada para penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah kegiatan yang digagas Pak Kabid Dokkes Kombes dr Syamsul Bahar M. Kes ini cukup menyentuh kita semua. Kami menyambangi saudara kita penyandang disabilitas dan memberikan bantuan, terutama untuk kemudahan aktivitas mereka seperti kursi roda, kruk dan alat bantu berjalan. Semoga bisa meringankan beban saudara kita untuk menjalankan aktifitasnya,” ujar Kombes Toto.

Sementara itu, Kabid Dokkes Kombes Syamsul Bahar menerangkan, pihaknya mengadakan bhakti kesehatan berupa pelayanan kesehatan kepada para penyandang disabilitas di Yayasan Sentra Budi Perkasa sebanyak 113 orang.

“Kita turunkan tim kesehatan dari Rumah Sakit Bhayangkara untuk memberikan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan spesialistik poli penyakit dalam dan rehabilitasi medik sebanyak 68 orang, pemeriksaan dan pengobatan umum sebanyak 55 orang, pemeriksaan laboratorium sederhana meliputi gula darah sewaktu, asam urat, kolesterol sebanyak 83 orang, serta pemberian vitamin dan obat-obatan sebanyak 113 orang,” urainya.

“Disamping itu, kita juga memberikan bantuan berupa sebuah kursi roda, sepasang kruk, sebuah alat bantu berjalan, 75 paket sembako serta bantuan dana Rp 5 juta,” imbuhnya.

Kegiatan bakti kesehatan sempena Hari Bhayangkara tersebut membuat senang sekaligus rasa haru bagi penyandang disabilitas dan para pengasuh di yayasan tersebut.

Muhammad Rahmad Hidayat, salah satu penyandang disabilitas asal Payakumbuh Sumatera Barat, tak bisa menyembunyikan rasa senangnya mendapatkan bantuan kursi roda dan pelayanan kesehatan gratis dari petugas kepolisian.

“Terimakasih Pak Polisi, saya dari Payakumbuh sangat berbahagia diberi kursi roda ini gratis. Ini akan mempermudah aktifitas saya sehari hari. Juga diberikan pelayanan kesehatan kepada kami. Tadi diperiksa gula darah, asam urat dan tensi,” ujarnya kegirangan seraya berharap, bantuan pelayanan kesehatan tetap diberikan kepada mereka. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda