Tengku Afifudin, Petani dan Pengola Biji Kopi Arabika Semende Binaan BSN Berhasil Jual 500 Kg/Bulan

0

MUARA ENIM, BERITAANDA – Tengku Afifudin yang merupakan pemilik Pondok Pesantren Daruk Ulum Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, juga salah satu petani dan pengelola bibit kopi Arabika Semende Binaan Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kota Palembang, berhasil menjual 500 kilogram (Kg) bibit kopi per bulan.

Tengku Afifudin mengatakan, ia membuka usaha ini baru 4 tahun terakhir, dan baru bisa menghasilkan penjualan yang lumayan banyak satu terakhir ini. Semua itu karena BSN Kota Palembang yang membina cara pengelolaan bibit kopi yang baik.

“Awal saya hanya bisa menjual 100 Kg, tapi saat ini alhamdulillah 500 Kg,” ujarnya, Jumat (13/7/2018).

Dilanjutkan Tengku, pembeli bibit kopi Arabika Semende ini adalah PT. Sahang Mas yang berlokasi di Kota Palembang. Sementara dari luar Sumsel yaitu Provinsi Lampung, Jakarta dan satu bulan terakhir itu dibeli oleh orang dari negara Malaysia.

“Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada BSN Kota Palembang yang telah membina cara pengelolaan bibit kopi yang memiliki kualitas terbaik,” ungkapnya.

Selain itu juga Tengku mengatakan, untuk saat ini kami menjual kopi bubuk dengan merk Kopi Dusun Segamit yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani Jamiatul Rahma Insani Desa Segamit.

“Alhamdulillah saat ini 600 bungkus terjual per tiga bulan dan itu diproduksi ke Provinsi Lampung, Medan, Jakarta dan Bandung,” terangnya.

Sementara itu Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kota Palembang Haryanto mengatakan, tujuan BSN ini meningkatkan pendataan petani Sumsel sehingga bisa bersaing baik secara nasional maupun internasional.

“Kualiatas penanaman bibit kopi di Sumsel sangat baik. Maka dari itu BSN membina para petani supaya bisa mengelola bibit kopi sampai penjualan dalam bentuk kemasan yang berkualitas,” jelasnya. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda