Tempuh Ribuan Kilometer, Mitra Gojek Bawa Pesan Kebersamaan dari Sabang dan Merauke

96

NASIONAL, BERITAANDA – Pergantian logo Gojek yang diumumkan pada Juli lalu merupakan tonggak sejarah yang menandai evolusi Gojek dari layanan ride-hailing, menjadi sebuah ekosistem terintegrasi yang menggerakkan orang, barang, dan uang.

Pergantian logo juga merupakan momentum bagi Gojek untuk mengokohkan diri sebagai karya anak bangsa asli Indonesia yang mampu menjadi platform teknologi on-demand terdepan di Asia Tenggara. Melalui semangat kebaruan, Gojek membawa pesan kebersamaan untuk perubahan positif bagi bangsa dengan melaksanakan kirab secara nasional bertajuk Merajut Nusantara.

Michael Say, VP Corporate Affairs Gojek mengatakan, berkembangnya Gojek sebagai platform teknologi terdepan di Asia Tenggara tak lepas dari dukungan para mitra dalam ekosistem kami, termasuk mitra driver Gojek.

“Dulu, Gojek beroperasi hanya dengan mengandalkan call center. Sekarang, Gojek sudah memiliki tiga aplikasi super (super-app) untuk konsumen, mitra driver, dan mitra merchant yang tergabung di dalamnya,” kata dia.

Dalam periode Juni 2016 hingga Juni 2019, jumlah transaksi yang diproses dalam platform Gojek melesat hingga 1.100%, atau 12 kali lipat. Gojek yang dimulai dengan 20 mitra pengemudi, kini telah bermitra dengan lebih dari 2 juta mitra pengemudi, 400 ribu mitra merchant, dan 60 ribu penyedia jasa di Asia Tenggara.

“Kami tidak mungkin ada disini tanpa dukungan jutaan mitra kami beserta keluarga mereka, sekaligus ratusan juta konsumen kami yang telah mempercayakan berbagai kebutuhan sehari-hari kepada layanan di platform Gojek,” ujar Michael.

Mitra sebagai inspirasi logo baru Gojek Logo Gojek yang diberi nama Solv merepresentasikan alasan utama kehadiran Gojek, yaitu memecahkan masalah melalui teknologi. Michael menambahkan, logo ini melambangkan satu tombol untuk semua.

Di lain pihak, kata dia, lingkaran di logo baru ini mewakili ekosistem Gojek yang semakin solid memberikan manfaat untuk semua. Logo ini mewakili semangat kami untuk selalu menawarkan cara pintar dalam mengatasi tantangan yang dihadapi para pengguna, untuk akses pendapatan tambahan yang lebih luas bagi mitra, untuk peluang pertumbuhan bisnis yang pesat bagi para merchant, dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Teuku Parvinanda selaku Head of Regional Corporate Affairs Gojek wilayah Sumatera mengatakan, salah satu inspirasi terbesar dari evolusi logo baru Gojek adalah mitra-mitra driver yang sejak awal menjadi penggerak bagi perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

“Kita tidak pernah lupa kalau di balik ragam transisi tersebut, terdapat peran besar para mitra driver yang telah berani berkembang menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi, sehingga bisa diandalkan oleh semua lapisan masyarakat kapanpun dan dimanapun,” jelas dia.

Sejak awal kehadirannya, Gojek mempunyai visi untuk naik kelas bersama mitra driver, baik dari sisi kesejahteraan maupun dari sisi skill dan pengetahuan. Dari sisi kesejahteraan, Gojek berupaya memastikan tersedianya pendapatan yang berkesinambungan bagi mitra-mitranya. Caranya dengan terus meningkatkan kualitas produk dan layanan, sehingga Gojek dapat menjadi aplikasi on-demand dengan jumlah pengguna aktif bulanan terbesar di Indonesia. Data ini juga diperkuat dengan hasih. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda