Sutet Ajak Masyarakat Gotong-royong Awasi Tahapan Pemilukada 2020

88
Komisioner Bawaslu Kabupaten Sekadau Teodorus Sutet S.Sos. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Peran aktif masyarakat dalam memberikan laporan pelanggaran pemilu sangat diharapkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Komisioner Bawaslu Teodorus Sutet S,Sos mengajak masyarakat Sekadau berperan aktif dalam pengawasan tahapan pemilu, terutama masyarakat berbasis kebudayaan.

“Tujuan pengawasan partisipatif berbasis kebudayaan membentuk karakter dan kesadaran politik masyarakat,” ujar Sutet, Kamis (19/9/2019).

Di dalam kebudayaan, nilai budaya dan kearifan lokal yang tampak adalah bergotong-royong. Nilai budaya ini, diharapkan Sutet, terjadi dalam mensosialisasikan tahapan pemilu.

“Nilai budaya juga terwujud dalam sopan santun antar sesama, saling menghargai, menjunjung adat istiadat,” tembah dia.

Menurut Sutet lagi, pengawasan partisipatif oleh masyarakat akan meningkatkan kualitas demokrasi serta menjadikan pemilih berintegritas.

“Yang terpenting lagi pengawasan oleh masyarakat mendorong minimnya potensi konflik dalam pemilu,” tegas Sutet.

Dia pun berharap agar dalam pemilukada 2020 mendatang peran aktif masyarakat memberikan informasi potensi dan pelanggaran pemilu dapat ditingkatkan.

“Peran aktif masyarakat dalam pengawasan setiap tahapan pemilu sangat penting untuk proses demokrasi yang baik,” tukasnya.

Mengenai identitas pelapor, Sutet menegaskan, dia (sang pelapor) akan dilindungi jika memberikan laporan tersebut.

“Pelapor akan dilindungi secara identitas jika memberikan laporan,” pungkas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda