SMPN 1 Model Babat Toman Adakan Pesantren Ramadhan

247

SEKAYU-MUBA, BERITAANDA – Dalam rangka bulan suci Ramadhan, hampir setiap sekolah di seluruh Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melaksanakan pesantren Ramadhan, termasuk SMP Negeri 1 Model Babat Toman yang menggelar pesantren Ramadhan guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kepala Sekolah SMPN 1 Model Babat Toman, Sudirman, S.Pd,M.Si mengaku kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan hampir setiap tahun, dengan tujuan untuk menguatkan karakter siswa dalam disiplin ilmu keagamaan.

Dengan adanya pelaksanaan pesantren kilat bagi siswa, lanjut dia, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. “Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkapnya melalui rilis yang diterima BERITAANDA, Sabtu (18/5/2019).

Sudirman menjelaskan, bahwa rangakaian kegiatan pesantren Ramadhan dibagi dua tempat. Untuk putri di mushalla, sedangkan putra di anjungan seni. Diisi dengan ceramah agama, tadarus, dan belajar baca tulis Alquran di kelas masing-masing, langsung dibimbing guru sesuai dengan jadwal.

“Para siswa sangat antusias dengan pelaksanaan pesantren Ramadhan ini, dari giat semangat yang ditunjukan siswa untuk mengikuti rangkaian kegiatan pesantren Ramadhan sampai selesai,” tambahnya.

“Kegiatan pesantren Ramadhan selama empat hari ditutup dengan buka bersama, dengan tujuan untuk mempererat kekeluargaan dengan seluruh keluarga besar SMPN 1 Model Babat Toman,” pungkasnya.  (*)

Bagaimana Menurut Anda