Selain Rasanya Gurih, Ikan King Kobia Ternyata Sangat Mendunia

116

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi, SE MM menghadiri kegiatan temu lapangan dan sosialisasi serta panen perdana ikan king kobia di Desa Durian Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Kamis (20/2/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Dirjen Perikanan Budi Daya Laut Kementerian Kelautan dan Perikananan Slamet Subijakto, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Direktur Pakan dan Obat Ikan DJPB, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Kepala Balai Besar Perikanan Budi Daya Laut Lampung (BBPBL), Kadis Kelautan Dan Perikanan Pesawaran, Pasintel Brigif 4 Mar/BS, Camat Padang Cermin, Kades Durian, serta para tamu undangan dan kelompok Tani Nelayan Desa Durian.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan pihak Balai Besar Budidaya Perikanan Laut (BBBPL) Lampung dalam pembudidayaan ikan laut di Desa Durian Kecamatan Padangcermin Kabupaten Pesawaran, yang menjadi percontohan budidaya ikan king kobia di Indonesia, khususnya di Lampung.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Slamet Soebijakto menyampaikan, bahwa budidaya ikan king kobia adalah dari hasil rekayasa penelitian yang telah berlangsung sekitar 10 tahunan.

BBPBL Lampung melakukan kegiatan ini dengan konsisten, memiliki tugas dan tanggung jawab secara moralitas untuk bisa menyebarluaskan ikan king kobia agar dapat menjadi ikan andalan nasional.

“Ikan ini menjadi budidaya nasional serta pencontohan pertama di Indonesia, utamanya di Desa Durian. Saya berharap budidaya ikan king kobia jangan sampai mengalahkan ikan lainnya, seperti ikan kerapu. King kobia dapat menjadi tambahan komoditas untuk budidaya.”

“Ikan ini sangat mendunia. Selain rasanya gurih, juga dapat dimasak dengan berbagai olahan. Agar semua pihak dapat bekerjasama untuk turut memasarkan ikan King Kobia ini,” tambah dia.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona juga mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dimana Kabupaten Pesawaran ini ditunjuk sebagai sentra ikan king kobia di Indonesia.

“Ini membuktikan bahwa sumber daya alam di Pesawaran sangatlah kaya. Jangan kita sia-siakan,” pungkas dia.

Acara di akhiri dengan pemberian bantuan bibit ikan king kobia kepada masyarakat sekitar. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda