Sekdaprov Fahrizal Tekankan Pentingnya UKW dan Wawasan Kebangsaan Para Wartawan

109

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menjadi narasumber pada peringatan HUT ke-77 PWI/HPN dan Porseniwada tahun 2023 Sumatera Selatan, yang dilaksanakan di Ballroom Grand Zuri Hotels Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan, Sabtu (5/8/2023).

Acara yang dihadiri Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru itu, Sekdaprov Fahrizal menyampaikan bahwa untuk mewujudkan pers sehat dalam mendukung demokrasi berkualitas dan pembangunan daerah maju, maka insan pers selain selain lulus uji kompetensi wartawan (UKW), juga memiliki wawasan kebangsaan.

Menurut Fahrizal, keberadaan pers yang sehat, demokrasi berkualitas, dan pembangunan daerah akan maju, sangat terkait satu sama lain.

“Kalau pers kita sehat maka demokrasi kita akan berkualitas dan tentunya pembangunan daerah maju,” ujarnya.

Untuk mendirikan pers sehat, jelas Sekdaprov Fahrizal, insan pers harus dibekali UKW. “Tapi ada satu hal lagi selain memiliki UKW, juga harus memiliki wawasan kebangsaan yang mampu merajut persatuan dan merekatkan kebhinekaan,” ujar Fahrizal.

Fahrizal juga menuturkan bahwa kehidupan bernegara tujuannya yaitu melindungi seluruh rakyat Indonesia dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

“Tapi saya lebih konsen pada tiga hal, pertama melindungi segenap bangsa Indonesia. Ini adalah esensi dari negara dan pers berperan sehingga masyarakat tahu akan hak terkait itu,” jelasnya.

Terkait memajukan kesejahteraan umum, dimana masyarakat membutuhkan informasi memadai, sehingga masyarakat mampu membangun daya saing, melihat peluang-peluang dan inovasi yang harus dilakukan, dan ini merupakan fungsi dari insan pers. “Termasuk juga dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, pers berperan dalam mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” ungkapnya.

Fahrizal menilai ini penting sekali. “Sehingga pers yang sehat selain memiliki UKW, juga memiliki wawasan yang memadai dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan ungkapan rasa syukur karena dapat menghadiri acara peringatan HUT ke-77 PWI/HPN dan Porseniwada tahun 2023 Sumatera Selatan di Kota Lubuk Linggau.

“Kita mensyukuri bahwa hingga saat ini di usia ke-77, PWI masih survive. Meskipun dihadapkan dengan tantangan zaman, dimana semua orang bisa dengan mudah mendapatkan berita, tidak ada filter berita lagi, tapi juga sudah bisa real time, namun PWI masih survive,” ujar Gubernur Herman Deru.

Herman Deru berharap PWI dapat semakin lebih baik lagi, sebagaimana tema hari ini yaitu pers sehat, demokrasi berkualitas, pembangunan daerah maju. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda