Sekda Tapsel Minta Aparat Desa Tingkatkan Kualitas Pelayanan

72

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Sekda Tapsel Parulian Nasution mengharapkan aparat desa harus selalu meningkatkan kualitas pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Karena tugas kades ialah menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan.

“Kades juga harus memberi pelayanan prima ke masyarakat agar program pemerintahan, pembangunan infrastruktur, sosial budaya, dan ekonomi berjalan baik,” kata Parulian, Jumat (14/2/2020), saat meresmikan gedung kantor Kepala Desa Simaninggir, Kecamatan Sipirok.

Parulian pun meyakinkan semua, bahwa yang paling banyak membangun kantor kades serta kelurahan permanen di Sumatera Utara adalah Kabupaten Tapsel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (PMPD). Persentasenya kini mencapai 98 persen.

“Pembangunan kantor pemerintahan desa ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang bermanfaat untuk masyarakat. Oleh karena itu, dengan telah selesainya pembangunan gedung pelayanan ini kiranya pelayanan semakin baik dan memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Parulian tidak ingin setelah kantor terbangun, mutu pelayanan ke masyarakat malahan tidak berfungsi. Sebab, banyak kantor kepala desa di waktu jam kerja pada pagi hari hingga siang belum juga dibuka. Di malam hari lampu tidak menyala. Ini banyak terjadi di banyak tempat.

Padahal, kades merupakan ujung tombak pelaksanaan pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam memberi pelayanan selama 24 jam. Berbeda dengan jam kerja birokrasi yang bertugas di kantor pemda. Masuk pukul 08.00 Wib, pulang 04.15 Wib.

“Mari sama-sama memahami. Peran bersama antara pemerintah desa dan warga masyarakat perlu terus dibangun. Keberadaan kantor harus bisa meningkatkan mutu pelayanan, sekaligus membangun sinergi positif mewujudkan tujuan bersama,” harap Parulian.

Sementara, Kepala Desa Simaninggir Ismail Sitompul mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tapsel yang telah memberi dukungan penuh, sehingga pembangunan kantor kades setempat terbangun, dengan kondisi gedung berlantai dua.

“Semoga dengan telah terbangunnya gedung kantor Kepala Desa Simaninggir ini, memotivasi kami aparat desa untuk semakin meningkatkan mutu pelayananan kepada masyarakat supaya mereka terlayani dengan baik,” ujarnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda