Sehari Jelang Lebaran, Pasar Kalangan Payaraman Diserbu Pengunjung

0
Suasana transaksi jual beli di Kalangan Payaraman Timur Ogan Ilir, Kamis (15/6/2018).

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Kurang dari sehari (H-1) hari raya Idul Fitri 1438 H, pasar tradisional (kalangan) yang terletak di Kelurahan Payaraman Timur Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir (OI), ramai pengunjung yang mencari kebutuhan rumah tangga mereka.

Pantauan BERITAANDA di lapangan, yang menjadi incaran para pembeli adalah kue lebaran, daging dan berbagai jenis pakaian. Ketiga komoditi inilah yang paling banyak diserbu pembeli, pasalnya komoditi inilah yang menjadi ciri khas hari raya selain makanan lainnya.

Salah satu pengunjung pasar dari Desa Tebedak, Sunarti, yang sempat diwawancarai mengatakan, sengaja datang ke Pasar Payaraman ini untuk membeli kebutuhan lebaran yang diperkirakan akan jatuh di hari Jumat (15/6/2018) besok.

“Besok kan direncanakan sudah lebaran, jadi karena di kalangan (baca pasar) ini banyak tersedia berbagai jenis kue, jadi saya membeli beberapa jenis dari kue tersebut. Maklum pak, kesibukan di rumah tangga sehingga tak sempat bikin sendiri, jadi tak mau repot saya belanja di Kalangan Payaraman ini,” ungkapnya.

Animo warga begitu ramai, tak hanya pembeli dari Kelurahan Payaraman saja, pembeli juga berdatangan dari desa-desa yang ada disekitaran Payaraman. Sebab, pasar ini merupakan pasar terbesar di Kecamatan Payaraman.

Di pasar tersebut menjajakan banyak ragam yang ditawarkan, sehingga pasar ini selalu jadi andalan bagi masyarakat Payaraman dan sekitarnya.

Sementara itu, Sola selaku pedagang kue asal Cinta Manis mengaku omzet penjualannya meningkat drastis dari minggu-minggu sebelumnya. Dimana lebih kurang 150 Kg kue yang dibawanya, sudah lebih dari 80 kg laku terjual.

“Alhamdulillah pak, Ramadhan kali ini banyak sekali berkah yang didapat. Jualan saya nyaris habis terjual. Memang, moment pasar hari ini sudah dekat lebaran, banyak warga dari berbagai penjuru datang sengaja mencari kue-kue khas lebaran,” ujarnya. (Adw/Tim)

Bagaimana Menurut Anda