Seberapa Sigap OPD Antisipasi Covid-19, Sekda Muara Enim Gelar Sidak Mendadak

79

MUARA ENIM, BERITAANDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim Ir. H. Hasanuddin Msi, melakukan inspeksi mendadak(sidak) ke sejumlah perkantoran dinas dan lembaga di lingkungan Pemkab Muara Enim, Kamis (26/3/2020).

Sidak dilakukan sekda guna memastikan seberapa besar kesigapan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Muara Enim dalam menyikapi dan mengantisipasi pontensi penyebaran wabah Covid-19, yang sekarang masih menjadi momok di seluruh dunia.

Dalam kegaiatan ini, sekda juga didampingi Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf. Syafruddin dan juru bicara Covid-19, Surya Panca Diharta SH.

Setelah melakukan beberapa inspeksi di kantor dinas, termasuk Dinas Kesehatan dan Puskemas, Hasanuddin mengaku masih menemukan kekurangsiapan beberapa kantor pelayanan dalam menyikapi anjuran dan kebijakan pemerintah pusat, terkait upaya pencegahan virus corona.

“Saya agak sedikit kecewa juga, ada saja dinas yang vital, ini seharusnya menjadi garda terdepan, malah kesigapanya sangat kurang,” ujar sekda.

”Saya sudah memberikan penekanan agar semua stakeholder, baik itu pemerintah maupun swasta berperan aktif, dalam penanggulang wabah Covid 19 ini,” jelas dia.

Mengenai kebijakan libur bagi ASN Muara Enim, sekda mengatakan sudah memberlakukan sitem sift masuk kantor dan sistem work from home (kerja dari rumah).

Kepada seluruh kepala dinas, juga telah diinstruksikan agar melakukan pengawasan secara ketat terhadap ASN yang mendapatkan giliran kerja dari rumah. Terutama menyangkut masalah absensinya, setiap ASN harus menyertakan share location melalui smartphone, untuk memastikan apa benar yang bersangkutan berada di rumah atau justru sedang berada di luar.

“Apabila ada ASN yang ketahuan mencoba-caba melakukan dinas luar, apalagi pergi ke zona merah wabah Covid-19, kami akan melakukan tindak tegas secara administratif,” tegasnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda