Satbinmas Polres OKI Raih 2 Penghargaan Sekaligus, AIPTU Al Hafiz Dinobatkan Jadi Bhabinkamtibmas Terbaik se-Sumsel

0

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Setelah melalui proses penilaian, akhirnya Satbinmas Polres Ogan Komering Ilir (OKI) ditetapkan meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu juara pertama bhabinkamtibmas terbaik dan juara harapan pertama poskamling tingkat Polda Sumsel.

Piala dan hadiah atas penghargaan yang diraih tersebut, diterima langsung bhabinkamtibmas yang juga Kapolpos Suka Mukti Mesuji OKI AIPTU Al Hafiz, M.,SH selaku bhabinkamtibmas terbaik dalam acara syukuran Hari Bhayangkara ke-72 di Mako Brimob Polda Sumsel, Rabu (11/7/2018).

“Piala dan hadiah untuk bhabinkamtibmas terbaik diserahkan oleh Kapolda Sumsel didampingi oleh Pangdam II Sriwijaya,” kata Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH didampingi Kapolsek Mesuji OKI AKP Darmanson, SH melalui AIPTU Al Hafiz M.,SH.

Disisi lain, dinobatkannya AIPTU Al Hafiz M.,SH menjadi juara pertama dalam lomba bhabinkamtibmas tingkat Polda Sumsel bukan tak beralasan, yang tentunya melalui proses penilaian yang cukup panjang, dan sebelumnya juga meraih juara pertama bhabinkamtibmas terbaik tingkat Polsek dalam jajaran Polres OKI.

Terpilihnya pria yang kesehariannya bertugas di Polsek Mesuji OKI sebagai anggota bhabinkamtibmas sekaligus Kapolpos Suka Mukti Mesuji OKI tersebut hingga akhirnya diutus menjadi perwakilan Satbinmas Polres OKI dalam lomba tingkat Polda Sumsel, karena dinilai telah melaksanakan perannya sebagai ujung tombak Polri dengan optimal.

Dimana, sebagai anggota bhabinkamtibmas dirinya telah optimal melakukan pembinaan terhadap masyarakat sehingga mampu memberikan dampak positif dan efek langsung yang dapat dirasakan oleh masyarakat dalam wilayah tugasnya. Ini sangatlah penting dilakukan, khususnya bagi seorang anggota bhabin yang bertugas di Polsek selaku perpanjangan tangan dari Polres OKI.

Diwartakan sebelumnya, peringati hari jadi Bhayangkara ke-72, Satbinmas Polres OKI adakan lomba bhabinkamtibmas dimulai sekira pukul 08.30 hingga pukul 12.00 Wib, di aula Wira Pratama Mapolres OKI yang dibuka langsung Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH diwakili Waka Polres OKI Kompol Janton Silaban, SH, S.ik, Kamis (7/6/2018).

Selanjutnya, masing – masing anggota bhabinkamtibmas perwakilan dari 14 Polsek dan Subsektor dalam jajaran Polres OKI menjalani sesi tanya jawab yang dilakukan oleh ketiga juri diantaranya, Kabag Sumda Polres OKI Kompol Suwarna, Kasat Binmas Polres OKI IPTU Siska Arisandi dan Kanit Bintibmas IPTU Rohima.

“Tujuan dari lomba ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tolok ukur kesiapan dan kesigapan bhabinkamtibmas dalam menjalankan tugasnya,” kata Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH melalui Kasat binmas Polres OKI IPTU Siska Arisandi.

Selain itu, masih kata Siska, kita juga ingin mengetahui sejauh mana masing-masing anggota bhabinkamtibmas dalam memecahkan suatu permasalahan yang terjadi pada masyarakat desa binaannya maupun desa pantauannya.

“Serta dapat menggalang masyarakat agar terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah desa pada khususnya, dan Kabupaten OKI pada umumnya. Dari apa yang mereka sampaikan pada sesi tanya jawab, itu yang menjadi acuan kita dalam menentukan siapa terbaik,” ungkap Siska.

Setelah kita nilai, lanjut Siska, adapun yang menjadi juara lomba bhabinkamtibmas ini adalah juara pertama AIPTU Al Hafis dari Polsek Mesuji, juara kedua Brigpol Ahmad Rafika dari Polsek Lempuing dan juara ketiga diraih oleh Brigpol Indra Putra dari Polsek Pedamaran.

“Sementara juara harapan 1 Bripka Muslikun dari Polsek Sungai Menang, juara harapan 2 Bripka Pasehono dari Polsubsektor Mesuji Raya dan juara harapan 3 diraih oleh Brigpol Febriadi dari Polsek Tanjung Lubuk. Semua pemenang kita berikan trofi, piagam dan uang pembinaan,” pungkas Siska. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda