Samin Tertangkap Tangan Curi Getah Karet Milik PT. CSUB

433

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kendati apa yang dilakukannya, diduga demi menafkahi keluarganya. Namun karena caranya salah dengan mencuri hasil perkebunan milik orang lain berupa getah karet, tindakan Samin (33) ‘berbuah pahit’ hingga menghantarnya ke balik jeruji besi sel tahanan.

Petani asal Dusun Semingin Jaya Desa Pulau Geronggang Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini tertangkap tangan mencuri di Blok A7 kebun karet PT. CSUB, oleh pihak satpam perusahaan tersebut lalu diserahkan ke polisi, Kamis (13/2/2020).

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kapolsek Pedamaran Timur IPDA Panca Mega Surya melalui Kasubbag Humas Polres OKI AKP Iryansyah saat dikonfirmasi, Jumat (14/2/2020) sore, membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Mulanya, Selasa (11/2/2020), seorang mandor lapangan melapor ke Manager PT CSUB, Iswantoro (58), bahwa di Blok A7 Kebun karet PT CSUB selama kurang lebih 2 bulan terakhir pohon karet yang ada di blok tersebut telah disadap orang yang bukan karyawan tanpa seizin perusahaan,” ujar dia.

Lalu, Iswantoro memerintahkan satpam perusahaan bersama mandornya untuk melakukan pengecekan di blok tersebut. Kata dia lagi, dari hasil pengecekan, terdapat bekas pahatan tidak beraturan di batang pohon karet di blok A7, yang berada tak jauh dari wilayah Dusun Semingin Jaya Desa Pulau Geronggang.

“Kamis (13/2/2020) kemarin, saat pihak satpam perusahaan melakukan patroli di Blok A 7 kebun karet PT. CSUB, mereka melihat pelaku Samin sedang melakukan aktifitas mengumpulkan getah karet yang ada di dalam wadah terdapat di pohon karet dengan menggunakan ember,” tandas dia.

Melihat hal tersebut, masih kata dia, pihak satpam perusahaan mengamankan pelaku Samin berikut getah karet yang ada di ember dan getah karet yang telah diletakkan di kotak penyimpanan getah karet, serta 1 unit sepeda motor milik pelaku Samin yang digunakan sebagai alat angkut getah karet.

“Selanjutnya, pihak satpam perusahaan membawa pelaku Samin berikut barang bukti 1 unit sepeda motor Yamaha L2, 1 buah kotak yang berisi getah karet seberat kurang lebih 30 Kg dan 1 buah alat untuk memahat pohon karet ke Polsek Pedamaran Timur untuk dilakukan proses penyidikan,” tutup dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda