Sambut 17 Agustus dan Idul Adha, Harga Umbul-Umbul serta Hewan Kurban Bervariasi

0

PALU-SULTENG, BERITAANDA – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada 17 Agustus 2018, para pedagang bendera dan umbul-umbul mulai menjamur.

Khususnya di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah, para pedagang atribut 17-an itu menjajahkan barang dagangannya dibeberapa titik pusat Kota Palu.

Terpantau pada Kamis (2/8/2018), sejumlah ruas jalan di Kota Palu mulai tampak pedagang musiman yang berjualan beranekaragam model bendera dan umbul-umbul. Seperti yang terpantau di Jalan Moh.Yamin.

Menariknya, 17 Agustus tahun ini bertepatan dengan masuknya Idul Adha 1439 H, yakni hari lebaran dan hari korban bagi umat muslim di seluruh dunia.

Hasil pantauan memasuki dua pekan jelang Idul Adha 1439 H, para pemilik ternak dan penjual hewan kurban mulai mempersiapkan hewan sapi dan kambing. Bahkan penjualan hewan kurban tahun ini diperkirakan meningkat.

Walaupun demikian, hewan kurban berasal dari Sulteng masih tetap stabil dalam penjualannya. Akan tetapi, perkiraan masuknya hewan kurban dari luar Sulteng belum dapat dipastikan.

Sementara harga jual hewan kurba jenis sapi dan kambing masih tetap stabil. Namun, informasi dari beberapa pedagang, tidak dapat memastikan jika harga bisa saja mengalami perubahan dan bervariasi.

Seperti harga hewan kurban diluar Sulawesi misalnya, di Madura dibandrol dengan harga tertinggi yakni mencapai Rp22 juta. Sedangkan harga sapi di Soppeng Sulawesi Selatan menjelang hari raya Idul Adha saat ini berkisar mulai dari Rp7,5 juta sampai Rp13,5 juta. Namun dengan tingginya minat masyarakat untuk berkurban pada hari raya Idul Adha 2018 ini, tidak membuat stok hewan kurban berkurang. (Ranur)

Bagaimana Menurut Anda