Rupiah Kian Anjlok Dihantam Dolar

0
Ilustrasi

NASIONAL, BERITAANDA – Nilai tukar dolar terhadap rupiah kian menunjukkan menguat beberapa hari terakhir. Sempat turun kemarin (Rabu) di level Rp15.100-an, kini dolar kembali menguat di level Rp15.200-an, bahkan nyaris menyentuh angka Rp15.300.

Dikutip dari data perdagangan Reuters, Kamis (11/10/2018) pagi, nilai tukar dolar AS menyentuh level Rp15.255.

Jika ditarik dalam empat hari terakhir, dolar AS terpantau bergerak stabil di atas kisaran Rp15.000. Dolar AS bergerak dari level Rp15.144 hingga Rp15.299.

Menanggapi amukan dolar, Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Hari Widodo mengatakan, sebelumnya rupiah juga sempat menguat dan kalau sekarang melemah, penyebabnya masih sama yaitu masih adanya tekanan dampak perekonomian global dan aspek makroekonomi Indonesia yang dalam kondisi current account deficit. Hal ini disebabkan karena supply valas lebih kecil dibanding permintaannya.

Bank Indonesia selalu menjaga agar volatilitasnya tetap stabil, tidak fluktuatif. Kalaupun terjadi pelemahan karena dampak global tadi, volatilitasnya tetap dijaga.

“BI selalu hadir di pasar melalui intervensi baik di pasar valas maupun pasar sekunder untuk Surat Berharga Negara (SBN) dan melalui kebijakan lainnya. Selain itu, pemerintah juga telah mengeluarkan beberapa kebijakan ekonomi untuk mengurangi current account deficit,” ujarnya.

Pemerintah bersama BI dan otoritas lainnya selalu hand in hand untuk mengawal stabilitas nilai rupiah. “Jadi kita tidak tinggal diam, berbagai upaya terus kita lakukan agar rupiah kembali bisa menguat,” ujarnya. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda