Rektor UGNP Periode 2019-2023 Resmi Dijabat Mohd. Arifin Lubis

200

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Ketua Pembina Yayasan Darma Bakti Pendidikan Indonesia Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan (YADPI UGNP), Drs. Parulian Nasution MM, melantik sekaligus mengangkat Drs. H. Mohd. Arifin Lubis, M.Pd menjadi Rektor UGNP periode 2019-2023.

Pelantikan berdasarkan surat keputusan YADPI dengan nomor 91/KPTS/X/2019 tertanggal 11 Oktober 2019 ini digelar di aula kampus UGNP I Tor Simarsayang, Kota Padangsidimpuan, Jumat (11/10/2019) kemarin, dan dihadiri Ketua YADPI, ketua pengawas, para pengurus YADPI, senat UGN, beserta komponen kampus, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pembina YADPI Parulian Nasution dalam sambutannya berharap, dengan pelantikan Rektor UGNP ini tentunya untuk kesinambungan, kemajuan dan profesionalisme UGNP dalam berkiprah sebagai institusi pendidikan tinggi di tengah-tengah masyarakat khususnya di Tabagsel, Tapteng dan Sibolga.

“Kepada saudara rektor agar segera mempersiapkan dan menyampaikan rencana kerja dan pengelolaan untuk mencapai visi dan misi yang telah disampaikan, sebagai bentuk konsistensi dari sebuah komitmen kepemimpinan saudara,” pinta Parulian.

Menurut Parulian yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Selatan (Tapsel), rencana kerja tersebut tentunya harus bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada di UGN, serta sebagai media menyesuaikan kebutuhan dan tantangan zaman yang ada saat ini.

“Kebutuhan dan tantangan zaman harus bisa dijawab agar tidak tertinggal dan tergilas oleh zaman. Apalagi, di era industri 4.0 yang serba multi digital, musti kedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan begitu UGNP akan tetap eksis dan mewujudkan visi dan misinya,” sebut dia.

UGNP juga, menurut Parulian, haruslah meningkatkan pelayanan di segala sektor maupun lini, terutama dalam menjalankan tri dharma terhadap mahasiswa untuk menciptakan mahasiswa yang berkarakter dan memiliki kompetensi yang unggul.

“Untuk itu, kepada seluruh civitas akademika UGNP, mari bersama-sama berjuang dan berdoa agar cita-cita para tokoh pendiri UGNP dan pendahulu kita segera terwujud, yaitu menjadikan UGNP salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara,” ajak dia.

Sementara Rektor UGNP terpilih, Drs. H. Mohd. Arifin Lubis, M.Pd menyebutkan, UGNP sebagai universitas tertua di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) saat ini seperti berlayar di tengah lautan bergelombang. Sebab, universitas yang membawa nusantara ini sedang hadapi tantangan yang cukup berat.

Dimana, tantangan besar yang perlu diperhatikan adalah tantangan era globalisasi di ranah pendidikan tinggi. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran produk dari berbagai aspek kebudayaan lainnya.

Berdasarkan tantangan itu, UGNP harus segera bertransformasi secara fundamental dan menjadi katalisator pembangunan industri digital melalui riset dan teknologi sebagai upaya untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Hanya dengan begitu, UGNP akan semakin kompetitif dan sekaligus menjadi motor untuk terciptanya masyarakat berbasis pengetahuan yang kokoh dan beradab.

“Untuk mewujudkan semua itu, saya berharap kerjasama dari semua unsur dan hentikan segala konflik dan intrik baik di internal maupun eksternal. Kita bangun bersama UGNP ke arah lebih baik, demi mewujudkan mahasiswa-mahasiswa yang handal, profesional, inovatif dan kreatif,” pungkas Rektor UGNP terpilih. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda