Rekrutmen CPNS di Sergai Bersih dari KKN

183

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) selenggarakan ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS formasi 2019, bertempat di aula Sultan Serdang kompleks kantor bupati setempat, Senin (24/2/2020).

Bupati Ir. H. Soekirman mengatakan, seleksi CPNS di lingkungan Pemkab Sergai bersih dari kolusi, korupsi dan nepotisme.

“Atas nama Pemkab Sergai, saya menyambut baik dan menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya atas penyelenggaraan pengadaan CPNS dari pelamar umum formasi tahun 2019. Dengan demikian, saya ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta seleksi yang mengikuti rekrutmen ini sebagai salah satu tahapan seleksi yang ditetapkan,” tegas bupati.

Pengadaan CPNS Kabupaten Segai formasi tahun 2019 ini berdasarkan ketentuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dengan mengedepankan prinsip transparansi, sehingga seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Sementara Wakil Bupati Sergai H. Darma Wijaya memperingatkan bahwa yang akan diterima menjadi CPNS formasi tahun 2019 benar-benar merupakan peserta terbaik dari seluruh tahapan rekrutmen.

“Oleh karena itu saya mengimbau agar seluruh peserta tidak percaya terhadap oknum-oknum tertentu, baik yang mengatasnamakan Pemkab Sergai, pejabat, maupun pihak lain yang menjanjikan dapat meloloskan jadi CPNS dengan imbalan tertentu. Sudah pasti itu penipuan,” terang dia.

Kepala Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) English Nainggolan, SH MH memuji kesiapan panitia pelaksana ujian.

“Mulai dari persiapan ruang tunggu sampai perangkat sudah memadai untuk melaksanakan ujian. Ini artinya, Pemkab Sergai sangat siap melaksanakan ujian CAT ini,” katanya.

Dari 34 kabupaten/kota termasuk Pemprov Sumut, hanya 26 instansi saja yang membuka rekrutmen CPNS dengan jumlah pelamar mencapai 140 ribu untuk memperebutkan 4.000 formasi.

“Di Sergai sendiri dibuka 104 formasi dengan peserta pelamar sebanyak 1.496 orang atau sekitar 7 persen. Jelas ini peluangnya sangat besar dengan daerah lain yang rata-rata hanya sekitar 2 persen saja. Namun ingat, seperti yang disampaikan Pak Bupati, hanya orang yang berkemampuan yang akan diterima. Jadi jangan berharap pada koneksi atau calo. Rekrutmen CPNS bersih dari KKN,” jelasnya.

Sekda Sergai HM. Faisal Hasrimy, AP, MAP membacakan surat keputusan MenPAN-RB Nomor 792 Tahun 2019 tentang kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Sergai tahun 2019 sebanyak 104 orang, dengan rincian tenaga guru sebanyak 70 orang, tenaga kesehatan sebanyak 23 orang, dan tenaga teknis sebanyak 11 orang.

“Verifikasi berkas dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai 27 November 2019 di aula BKD Kabupaten Sergai dengan jumlah pelamar yang mengisi formulir sebanyak 1.730 orang pelamar. Kemudian dilakuan seleksi administrasi yang meluluskan sebanyak 1.496 orang pelamar dan 182 orang tidak memenuhi syarat. Sedangkan tahapan SKD dilaksanakan pada tanggal 24 sampai 25 Februari 2020 yang dibagi ke dalam 9 sesi,” ujar Faisal dalam laporannya. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda