Ratusan Personel Naik Pangkat, Ini Kata Kapolda Sumsel

11

PALEMBANG, BERITAANDA – Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo menerima korps raport kenaikan pangkat periode 1 Juli 2024 sebanyak 855 personel.

Korps raport kenaikan pangkat diselenggarakan melalui prosesi upacara yang digelar di Mako Polda Sumsel. Jalan P. Sudirman Palembang, Selasa (2/7/2024).

Kapolda Sumsel mengatakan bahwa kenaikan pangkat merupakan hak setiap anggota kepolisian. Namun dirinya mengingatkan perlu disadari adanya sistem pembinaan personel oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengedepankan merit sistem dan semakin mengerucutnya ruang jabatan sesuai dengan tingkat eselon.

“Kenaikan pangkat merupakan hak, namun tidak serta merta karena adanya sistem pembinaan personel kepolisian. Oleh karena itu kita harus memiliki kemampuan menonjol dan terlihat oleh yang lain,” ujarnya.

Kapolda menambahkan, setiap kesempatan dirinya selalu menyampaikan apa yang disebut teori Johari Window, yang merupakan sebuah teori tentang pembinaan sumber daya manusia.

“Semaksimal mungkin kita berupaya untuk berada di open area, artinya kita mengetahui bahwa kita memiliki kemampuan dan berusaha agar orang-orang mengetahui bahwa kita memiliki kemampuan. Jika orang lain tidak tau (hidden area), maka segeralah untuk berpindah di open area,” tegasnya.

Mantan Kapolda Jambi tersebut mengingatkan dan mengajak jajarannya agar senantiasa mensyukuri karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara mendedikasikan setiap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam melayani, melindungi masyarakat sebagai amanah yang harus dilaksanakan dengan ikhlas.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh personel yang menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, saya pun memahami, ada yang menunggu cukup lama. Namun dengan usaha, kesabaran dan doa, akhirnya bisa tercapai. Saya juga mendoakan kepada yang belum mendapat kesempatan pada periode ini, bisa memperolehnya pada periode berikutnya,” ucapnya seraya berharap setiap personel tetap memiliki keterampilan, integritas, dan disiplin yang tinggi.

“Semoga berjaya semua dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan masyarakat negara,” tutupnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda