Ratusan Jamaah Sawahlunto Adakan Shalat Idul Adha dengan Khidmat di Lapangan Ombilin

0

SAWAHLUNTO-SUMBAR, BERITAANDA – Ratusan jamaah yang berasal berbagai daerah dari Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tampak sangat khidmat dalam melaksanakan ibadah shalat Idul Adha, tak terkecuali pelaksanaan shalat di Lapangan Ombilin Sawahlunto.

Jemaah shalat Idul Adha sendiri, menurut pantauan BERITAANDA, sudah mulai berdatangan pada pukul 07.15 Wib. Meski pelaksanaan shalat Idul Adha dimulai 08.00 Wib.

Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha tersebut bertindak selaku Imam H. Amril dan khatib H. Syahrizal Nur.

Sementara selaku Ketua PHBI Sawahlunto, Marjanis. mengatakan bahwa pelaksanaan shalat ied di Kota Sawahlunto tersebar di 4 kecamatan dengan total 65 lokasi.

Lokasi tersebut terdiri dari 7 lokasi di Kec. Silungkang, 10 lokasi di Kec. Lembah Segar, 17 lokasi di Kec. Barangin dan 31 lokasi di Kec. Talawi.

Dalam sambutannya, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan bahwa nikmat yang diberikan kepada manusia adalah suatu hal yang tidak ternilai.

“Dengan banyaknya nikmat tersebut, kita sebagai manusia perlu meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus selalu menjalin ukuwah islamiyah,” jelas dia.

Pihaknya juga menambahkan bahwa bidang ekonomi merupakan suatu hal yang mempengaruhi maju tidaknya sebuah kota.

“Sementara dengan meningkatnya jumlah kurban di Kota Sawahlunto, menandakan adanya meningkatnya perekonomian masyarakat Sawahlunto,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Ali Yusuf menjelaskan bahwa teknologi merupakan suatu hal yang bermanfaat sekaligus dapat merusak generasi muda apabila tidak dimanajemen dengan baik.

Sedangkan dalam khutbahnya, H. Syahrizal Nur mengatakan bahwa peringatan hari raya Idul Adha bagi umat Islam adalah untuk mengakui adanya kebesaran Allah.

“Kita juga sebagai umat muslim perlu mencontoh ketaqwaan yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim, karena kegigihan dalam menegakkan agama Islam,” jelasnya. (Risang)

Bagaimana Menurut Anda