Program Berlayar Nusantara Akan Diikuti 20 Siswa SMP Asal Sergai

99

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pelatihan kompetensi siswa berprestasi jenjang SMP tahun 2019 digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), bertempat di SMP Negeri 1 Pantai Cermin, Sabtu (9/11/2019).

Disdik Sergai menggandeng TMC Indonesia dan Sat Brimob Sumut sebagai instruktur.

Pada acara pelatihan tersebut, diawali dengan kegiatan upacara yang dipimpin inspektur upacara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman.

Dalam amanatnya, orang nomor satu di pemkab itu menyebut bahwa dirinya merasa gembira bahwa Sergai banyak melahirkan anak-anak berprestasi.

Bupati mencontohkan, bahwa tim sepakbola GSI Sumut yang bertanding di ajang nasional beberapa waktu yang lalu juga diperkuat pelajar-pelajar Sergai. Bahkan, timpalnya, mereka tidak hanya memperkuat, tapi juga memberi warna dan menjadi pilihan utama pada setiap pertandingan.

Begitu juga di cabang olahraga arung jeram, katanya, tim Sumut yang bermaterikan atlet-atlet asli Sergai mampu tampil menggembirakan di kejurnas di Jambi. Pada waktu itu, Sumut berhasil masuk di posisi empat besar nasional di bawah Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Oleh karena itu, lanjut Soekirman, pihaknya sangat mendukung upaya Disdik Sergai dalam menggali potensi, minat dan bakat seluruh pelajar di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Sementara Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik MM melaporkan, bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan dalam rangka mendorong anak-anak berprestasi agar dapat melanjutkan ke sekolah-sekolah unggulan.

Kemudian, lanjut dia, membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik, guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan.

“Selain itu, mewujudkan generasi Sergai yang berprestasi dan berkarakter,” katanya.

Beliau juga memaparkan bahwa dari hasil kegiatan ini akan dipilih sebanyak 20 orang pelajar terbaik untuk mengikuti Program Berlayar Nusantara bersama TNI Angkatan Laut dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

“Peserta kegiatan ini adalah para pelajar SMP yang berjumlah 279 orang, yang terdiri dari siswa unggulan dengan kualifikasi very superior sebanyak 71 orang, superior 124 orang, ditambah Ketua OSIS 84 orang,” ucap Joni Walker.

Tampak hadir pada kegiatan itu Sekretaris Dewan Pendidikan Sergai Abdul Firman, S.Pd, M.Si beserta jajaran, Managing Director TMC Indonesia H. Taslim Moeis, S.Psi CBA MBA, perwakilan Brimob Sumut, Sekretaris Disdik, para Kabid, Kasi, Kasubag dan Staf di lingkungan Disdik Sergai, Forkopimca Kecamatan Pantai Cermin, Korwil Disdik, Korwas, para kepala sekolah dan guru. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda