Program B2SA Ajarkan Generasi Muda Konsumsi Gizi Seimbang

17

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola makan sehat dan bergizi kembali diperkuat melalui program B2SA Goes to School yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan dan Pemkab OKI melalui Dinas KPTPH.

Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan di SMKN 2 Kayuagung pada Jumat (31/5/2024), dan untuk di hari Kamis (30/5/2024) kemarin dilaksanakan di SMPN 1 Kayuagung.

Program B2SA merupakan amanat UU 18 Tahun 2012 tentang pangan Pasal 60 menyatakan bahwa pemerintah dan pemda berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dengan membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA).

Diharapkan melalui program ini dapat menciptakan generasi yang sehat dan cerdas di Kabupaten OKI untuk menyongsong generasi Indonesia Emas 2045.

Pj. Bupati OKI melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Zulpikar S.Sos. MM dalam sambutannya mengungkapkan, pentingnya pendidikan dan sosialisasi tentang pola konsumsi yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

“Kami berharap melalui program ini, kita dapat menciptakan generasi muda yang cerdas dan sehat,” ujarnya.

B2SA Goes to School merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya penanganan stunting di Kabupaten OKI dengan memperkenalkan makanan yang memenuhi standar B2SA.

“Dengan pola makan yang tepat, diharapkan anak-anak dapat tumbuh sehat, aktif, dan produktif,” jelas dia.

Menurut Zulpikar, pola konsumsi masyarakat Kabupaten OKI masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, program ini menjadi penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya makanan sehat dan bergizi, terutama dengan memanfaatkan pangan lokal.

“B2SA dengan memanfaatkan pangan lokal memiliki peran yang besar dalam menciptakan pola konsumsi sehat. Edukasi melalui kegiatan sosialisasi seperti B2SA Goes to School sangat diperlukan untuk memperkenalkan konsep ini kepada masyarakat,” tambahnya.

Terakhir ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam suksesnya penyelenggaraan tersebut.

“Terimakasih untuk seluruh pihak yang telah terlibat, dengan adanya promosi kegiatan B2SA ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi kita semua untuk hidup sehat, cerdas dan berkualitas, sesuai dengan semboyan B2SA yaitu makan enak, makan sehat, makan B2SA,” pungkas Zulpikar. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda