Polusi Udara Meningkat di Sekadau, BPBD Bagikan Masker ke Pelajar dan Masyarakat

438

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH.M.Si didampingi Sekda Drs.Zakaria M.Si dan Sekretaris BPBD Edi Prasetyo S.Sos MAP serta Kepala Sekolah SMPN 1 Sekadau Hilir secara simbolis membagikan masker kepada pelajar, Selasa (13/8/2019) pagi.

Pembagian masker dimotori oleh Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan diikuti Satpol PP serta Kepolisian Sektor Sekadau Hilir.

Pembagian masker difokuskan kepada pelajar sejumlah sekolah dalam Kota Sekadau Hiilir dan para pengendara kendaraan roda dua serta masyarakat di Pasar Sekadau.

Wakil Bupati Aloysius menyatakan, pembagian masker sebagai bentuk pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat, dalam rangka mencegah warga terjangkit penyakit ISPA di saat meningkatnya polusi udara akibat asap.

“Kondisi saat ini udara tidak sehat, karena banyak pembakaran yang menimbulkan asap yang dapat berdampak pada kesehatan,” kata wabup.

Wabup juga meminta pihak sekolah agar membagikan masker kepada pelajar, agar tidak terserang ISPA.

“Himbauan kita, masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah di saat kondisi polusi asap,” sarannya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD melalui sekretarisnya Edi Prasetyo menjelaskan, bahwa pembagian masker ke sekolah-sekolah merupakan langkah kami dalam rangka mencegah ISPA, seiring menguatnya polusi udara asap di Sekadau.

“Masker yang dibagikan sebanyak 17.500 lembar, dengan sasaran pelajar sekolah-sekolah yang beraktivitas di pagi hari,” kata Edi.

Pantauan BPBD, polusi udara oleh asap sangat terasa kuat pada jam 5 sampai dengan 10 pagi.

“Saat ini BPBD Sekadau masih memiliki stok masker sebanyak 25 ribu yang akan dibagikan kepada masyarakat dengan melihat kondisi perkembangan kualitas udara. Berdasarkan data BPBD, titik hotspot di Sekadau sampai saat ini sebanyak 95 titik di tujuh 7 kecamatan,” pungkas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda