Polres Sawahlunto Adakan Sosialisasi Saber Pungli Tingkat Kecamatan Lembah Segar

0

SAWAHLUNTO-SUMBAR, BERITAANDA – Polres Sawahlunto melalui Sat Reskrim melakukan sosialisasi di tingkat Kecamatan Lembah Segar tentang pentingnya menghindari praktek pungli, bertempat di aula kantor camat setempat, Rabu (20/9/2017).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Camat Lembah Segar Ismunandar, Kapolsek Lembah Segar Mayrijon, Kasat Reskrim Polres Sawahlunto Ardiansyah, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kec.Lembah Segar, hingga tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Camat Lembah Segar Ismunandar mengatakan, bahwa sosialisasi saber pungli dilakukan guna meminimalisir adanya tindak pungli.

Sementara Kapolsek Lembah Segar Mayrijon mengatakan, bahwa situasi kamtibmas Kecamatan Lembah Segar dari bulan Januari hingga saat ini telah ditemukan sebanyak 10 laporan, dimana hal tersebut dinilai masih lebih kecil dibandingkan saat ia menjabat di Polsek Padang Panjang yang mencapai 50 laporan.

Sedangkan Kasatreskrim Polres Sawahlunto, Ardiansyah, dalam paparannya mengatakan bahwa sentra pelayanan publik tidak lepas dari adanya praktek pungli. Seperti halnya biaya sekolah, pembuatan paspor, pembuatan Sim, KTP dll.

“Pungli sendiri merupakan pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada biaya, dikenakan atau dipungut di lokasi yang bersangkutan,” jelasnya

Pihaknya menambahkan, berbagai upaya guna meminimalisir adanya praktek pungli seperti pakta integritas serta menggelar sosialisasi. Namun masih saja terdapat adanya pungli.

“Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi inilah masyarakat dapat mengetahui pungli sekaligus dapat menekan praktek pungli. Dampak pungli diantaranya menghambat pembangunan hingga tingginya suatu biaya dalam pelayanan jasa, sehingga masyarakat sendiri akan dirugikan,” ungkapnya. (Risang)

Bagaimana Menurut Anda