Polda Sumsel Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

12

PALEMBANG, BERITAANDA – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar upacara dalam rangka Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang diikuti pejabat utama, Pamen, Pama, Bintara gabungan satuan fungsi, serta ASN Polri Satker Polda Sumsel, bertempat di Lapangan Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Sabtu (1/6/2024).

Karorena Polda Sumsel Kombes Pol Toto Wibowo SH MH selaku inspektur upacara, membacakan amanat Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

“Hari ini tanggal 1 Juni 2024 kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari Ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI),” tutur mantan Koorspripim Polda Sumsel.

Lanjut Karorena, peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni tahun 2024 mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Dimana tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah ritual yang maha esa untuk bangsa Indonesia di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivisme toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada merupakan berkat dan dilanjut dalam cerita nasional Bhinneka tunggal Ika,” tambah Toto.

Dalam momentum bersejarah ini, Karorena mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” jelas dia.

Upacara ini ditutup dengan ajakan untuk terus bergotong royong merawat anugerah Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila,” tutup Karorena. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda