Pj. Gubernur Samsudin Buka Festival Krakatau ke-33 Tahun 2024

12

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Pj. Gubernur Lampung Samsudin secara resmi membuka Festival Krakatau ke-33 tahun 2024 di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Sabtu (6/7/2024) malam.

Tahun ini K-Fest yang mengusung tema ‘Nemui Nyimah’ dan mendapatkan Karisma Event Nusantara dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) serta sertifikat Museum Rekor Indonesia (Muri).

Pj. Gubernur Samsudin mengucapkan selamat atas terselenggaranya Festival Krakatau ke-33 tahun 2024. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu tindak lanjut atas arah kebijakan pemerintah pusat di sektor pariwisata dengan tagar Wonderful Indonesia, serta program gerakan bangga berwisata di Indonesia.

Dia juga mengatakan, event ini merupakan bukti nyata dari semangat kolaborasi dari berbagai sektor pemerintahan maupun lapisan masyarakat untuk memajukan pariwisata maupun ekonomi kreatif di Provinsi Lampung.

“Saya bangga melihat perkembangan K-Fest dari tahun ke tahun. Acara ini tidak hanya menarik perhatian masyarakat sekitar, namun juga wisatawan luar daerah turut hadir,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Parekraf yang diwakili Staf Ahli Menteri Parekraf Fajar Utomo, mengucapkan selamat atas terselenggaranya Krakatau Festival ke-33 tahun 2024 di Provinsi Lampung.

Ia mengucapkan selamat atas terpilihnya Festival Krakatau menjadi salah satu event yang meraih penghargaan Karisma Event Nusantara yang diberikan oleh Kemenparekraf.

Menurutnya, Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan event berkualitas dalam rangka pencapaian target pergerakan 1,25 – 1,5 miliar wisatawan nusantara dan 9,5 hingga 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara, serta terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2024.

“Melalui pelaksanaan Festival Krakatau ke-33 ini, kami berharap dapat mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta UMKM untuk berkolaborasi, bersinergi, berkreasi dan berkembang, sekaligus membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya dalam rangka pemulihan ekonomi di indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini pula, Fajar Utomo memberikan penghargaan kepada Provinsi Lampung atas terpilihnya event K-Fest dalam Karisma Event Nusantara, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat Muri atas keberhasilan K-Fest menyajikan juadah (makanan) khas Lampung berjumlah 100 jenis makanan berbeda dengan bahan dasar jagung.

Sementara itu, Kepala Dinas Parekraf Provinsi Lampung Bobby Irawan dalam laporannya menjelaskan, bahwa Festival Krakatau menjadi wadah untuk mempromosikan beragam budaya Lampung secara luas kepada masyarakat serta wisatawan.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Festival Krakatau ke-33 ini akan menampilkan berbagai kegiatan, antara lain lomba mewarnai, hias dan kreasi topeng, fashion show dan pentas seni anak. Juga karnaval budaya, malam pesona kemilau Krakatau, tour Krakatau, Krakatau run, atraksi budaya lampung, tari-tarian tradisional maupun kreasi, festival kuliner, street mask carnaval, dan pemecahan rekor Muri olahan makanan berbahan dasar jagung. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda