Pj. Bupati Rizali Buka Sosialisasi dan Simulasi Pilkades Serentak di Muara Enim

4

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pastikan pesta demokrasi di desa berjalan dengan kondusif dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Ahmad Rizali membuka sosialisasi dan simulasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Muara Enim, Rabu (11/10/2023), bertempat di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Muara Enim.

Sosialisasi dan simulasi Pilkades ini dihadiri secara langsung oleh Kapolres Muara Enim Andi Supriadi, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Emran Tabrani, para Kepala OPD ataupun yang mewakili, para Pejabat Polres Muara Enim, Kapolsek se-Kecamatan di Muara Enim dan para Camat beserta tamu undangan lainnya yang berkesempatan hadir.

Dalam paparannya, Kapolres mengatakan politik uang (money politic) di Kabupaten Muara Enim masih marak diterapkan pada saat pemilihan kades. Pasalnya, pihaknya telah memiliki bukti yang jelas terkait politik uang yang masih dilakukan oleh para kandidat calon kades dibeberapa desa.

“Saya ingatkan sekali lagi, Kami tidak akan segan mengusut tuntas kasus ini. Apalagi jika terdapat bukti yang jelas kami akan tindaklanjuti ke proses hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas Kapolres.

Mengingat akan buruknya penerapan money politic pada Pilkades, Pj. Bupati dalam arahannya mengimbau kepada seluruh panitia, khususnya masyarakat untuk menjaga netralitas selama Pilkades serentak di Kabupaten Muara Enim ini berlangsung dan teruntuk para Camat agar selalu monitor dan memberikan pembinaan kepada panitia pilkades di wilayahnya masing-masing.

“Tingkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan deteksi dini dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama pilkades. Laporkan setiap perkembangan kepada pimpinan di tempat saudara ditugaskan,” pungkas Pj. Bupati.

Kemudian, Pj. Bupati bersama Kapolres Muara Enim didampingi Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan tamu undangan lainnya lanjut menyeksikan simulasi pelaksanaan Pilkades serentak di halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Muara Enim. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda