Pipa Minyak Milik Pertamina Kembali Bocor, Tumpah Cemari Sungai

67

PALI, BERITAANDA – Pipa minyak milik PT Pertamina EP Pendopo Field di Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan, kembali bocor pada Kamis (7/3/2024) sekitar pukul 20.55 WIB.

Akibat kebocoran itu, minyak mentah yang jumlahnya cukup banyak tumpah dan mencemari sungai di sekitar kebun warga.

Dari pantauan pagi hari usai kejadian, Jumat (8/3/2024), terlihat air sungai berubah menjadi berwarna coklat karena bercampur tumpahan minyak. Permukaan air juga tampak mengkilat terkena sinar matahari dan menandakan sungai itu benar-benar tercemar minyak.

Salah satu warga yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, sebagai pemilik kebun yang terkena limbah minyak mentah, ia meminta agar pihak terkait untuk segera membersihkan tumpahan minyak tersebut.

“Akibat limbah minyak ini, air yang biasanya digunakan untuk kebutuhan di kebun tidak bisa digunakan,” jelas dia.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Head Of Comrel Regional 1 Zona 4 Pertamina, Tuti Dwi Patmayanti, membenarkan telah terjadi kerusakan pada trunk line segment IV di Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi akibat sabotase.

“Ya benar, adanya kerusakan pipa semalam pada jalur trunk line segment IV di Desa Suka Damai  Kecamatan Talang Ubi yang diduga karena sabotase oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kita telah melakukan penanggulangan dengan pemasangan pasak dan meng-clamp pada pipa tersebut. Alhamdulillah pukul 22.35 WIB, kegiatan penanggulangan selesai,” jelas Tuti.

Lebih lanjut tuti mengatakan, penanggulangan akan tetap dilaksanakan dengan melakukan pembersihan di sekitar area kerusakan pipa dengan memasang snake boom untuk menahan laju aliran menuju ke tempat tempat yang tidak kita inginkan, serta melakukan pembersihan di sekitar area terdampak. (AMD)

Bagaimana Menurut Anda