Pimpinan Komisi X DPR RI Berikan Arahan Literasi Bagi Kepsek Swasta dan Pengelola Perpustakaan se-Kota Jambi

0

JAMBI, BERITAANDA – Komisi X DPR RI mendorong Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk melakukan kajian mendalam terkait pilot project perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Pimpinan Komisi X Sutan Adil Hendra, terkait diseminasi gerakan literasi nasional bagi kepala sekolah (kepsek) SD, SMP, SMA, SMK swasta dan pengelola perpustakaan se-Kota Jambi, Senin (8/10/2018), di Hotel Luminor Jambi.

Dikatakan oleh Sutan Adil Hendra, literasi itu merupakan kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, perpustakaan kini perlu bertransformasi menjadi layanan yang berbasis inklusi sosial. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang berliterasi dan meningkatkan peran literasi untuk kesejahteraan.

“Jadi, pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial harus berkomitmen meningkatkan kualitas hidup pengguna perpustakaan,” ungkapnya.

“Selaku wakil rakyat di DPR RI, menjadi prihatin akan kondisi dari masyarakat Jambi memiliki literasi bacaan yang masih sangat rendah. Salah satu upaya yang harus dilakukan dengan melakukan sosialisasi literasi bacaan dengan merangkul semua kepala sekolah di Provinsi Jambi ini,” tegasnya.

Ditambahkan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Syaiful Bahri Lubis, kegiatan diseminasi literasi bertujuan menyemarakan gerakan literasi untuk Kota Jambi dengan mengajak kepala sekolah dari tingkat SD sampai dengan SMK swasta se-Kota Jambi.

“Kami sengaja mengundang kepala sekolah dari tingkat SD sampai dengan SMK swasta, sekalian mengundang pimpinan Komisi X, untuk memberikan pengarahan serta penjelasan mengenai literasi bacaan,” ucapnya. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda