Pesan Bupati Sintang ke Camat: Hp atau WA Harus Aktif

98

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Setda Sintang Sy. Yasser Arafat, S.Sos M.Si menghadiri acara serah terima jabatan (sertijab) Camat Sungai Tebelian dari Ir. Bernhad Saragih, MM kepada Ramli Andoi, S.Sos. MAP, bertempat di gedung serbaguna Kecamatan Sungai Tebelian, Senin (13/1/2020) siang.

Hadir juga dalam acara tersebut Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Ir. Zulkarnaen, Kepala BKPSDM Sintang Palentinus, Kabag Tapem Setda Sintang, unsur Forkopimcam Tebelian dan tamu undangan lainnya.

Yasser Arafat mengatakan, pengambilan sumpah janji jabatan ataupun mutasi di lingkungan Pemkab Sintang itu hal yang lumrah atau biasa, bahkan hal yang normal terjadi di organisasi pemerintahan. Dan hal itu merupakan pembinaan dari kepegawaian.

“Karena itulah atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat bertugas kepada Camat Sungai Tebelian yang baru yakni Ramli Andoi, dan selamat juga kepada Camat Tebelian yang lama Bernhad Saragih, yang sudah mendapat promosi jabatan sebagai Kepala BPBD Sintang, karena ikut seleksi jabatan tinggi pratama beberpa waktu lalu dan lulus,” kata dia.

Yasser pun menjelaskan, bahwa secara khusus jabatan administrator camat punya kekhasan tersendiri. Karena pada saat adanya penghapusan jabatan struktural esselon III oleh Kementerian PANRB, yang paling aman pertama itu adalah jabatan camat.

“Itu artinya kedudukan camat sangatlah penting. Sehingga yang paling aman pertama adalah camat. Waktu itu yang lain sudah siap hengkang. Kepala bagian bakal dihilangkan, sekretaris dinas dan badan bakal dihilangkan, kepala bidang bakal dihilangkan, waktu surat edaran pertama. Tapi sekarang berubah lagi, ternyata ndak jadi. Namun ada beberapa saja yang dihapus,” jelas Yasser.

Selain punya khasan tersendiri dalam hal jabatan, kata Yasser, camat itu mempunyai wilayah kerja dan dibatasi oleh wilayah kerja, serta mempunyai fungsi koordinasi. Untuk itulah, Yasser meminta camat yang baru untuk segera bergerak kerja, segera lakukan konsolidasi baik di internal maupun eksternal, karena tugas nasional sudah didepan mata, yakni pilkada serentak dan pilkades nantinya.

“Apalagi pesan pak bupati kemarin waktu pelantikan, handphone terutama WhatsAap (WA) itu jangan tidak aktif, siapapun yang minta konsultasi, arahan, atau memberikan masukan dan hal lainya, dibalas. Jangan didiamkan,” pungkas Yasser.

Sementara itu, Camat Sungai Tebelian yang baru, Ramli Andoi, meminta dukungan dari seluruh stakeholder di Kecamatan Sungai Tebelian, baik itu anggota forkopimcam, instansi vertikal dan daerah, kepala desa dan perangkat desa, BPD, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

“Karena tugas camat ini cukup luas, saya mohon dukungan dari seluruh stakeholder yang ada di Kecamatan Sungai Tebelian ini. Untuk itulah, saya akan segera melakukan konsolidasi, baik di internal maupun eksternal, terkait penyususan APBdes 2020, karena selama saya di bagian keuangan APBdes sering telat diselesaikan,” jelas Ramli

Selain itu juga, tambah Ramli, beberapa tugas yang harus segera dikerjakan seperti terkait musrenbang desa maupun kecamatan, pelaksanaan pilkada dan pilkades 2020 ini, dan masih banyak lagi pekerjaan lainnya yang menjadi terget kedepannya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda